Inilah Kawasan di AS yang Banyak Dihuni Jutawan

Agustus 31, 2018

PROGRES.ID – Hampir enam persen warga Amerika adalah jutawan. Dan tempat tinggal mereka bisa mengejutkan Anda.

“Salah satu temuan penting adalah kedekatan mereka dengan mesin-mesin pencipta kekayaan,” kata David Thompson, seorang pakar data kekayaan dan kemakmuran di Phoenix Marketing International. “Dan itu berupa konsenstrasi industri-industri, seperti teknologi, finansial, konsultansi, pertahanan dan sebagainya yang cenderung membangun kekayaan, menarik orang-orang yang hendak menumbuhkan kekayaan mereka.”

Sekitar 5,8 persen penduduk Amerika atau sekitar 7,2 juta rumah tangga, masuk golongan jutawan. Itu berarti mereka punya paling sedikit $ 1 juta yang menganggur, dan tidak termasuk investasi dalam real estat, dana pensiun, atau kemitraan bisnis.

Kiplinger, penerbit prakiraan bisnis dan konsultan finansial, bermitra dengan Phoenix Marketing International untuk mengidentifikasi berapa banyak jutawan tinggal di 933 daerah perkotaan dengan penduduk paling sedikit 50 ribu.

Kawasan hunian jutawan AS

Kawasan hunian dekat Golden Gate Bridge, San Francisco, 17 Oktober 2006 (Foto: AP via VOA Indonesia)

Ternyata kawasan Bridgeport – Stamford – Norwalk di Connecticut berada pada peringkat paling atas. Sekitar 9 persen penduduknya, dari total 31.506 orang, bisa menyebut diri mereka jutawan.

Connecticut tidak saja dekat ke New York City, tetapi daerah itu juga merupakan lokasi dari bisnis finansial dan bisnis terkemuka, termasuk induk dari Priceline, dan Xerox Corporation. Atribut seperti ini sudah memadai dan membuat kawasan Connecticut yang kecil ini melebihi Silicon Valley.

“Karena kedekatannya ke sebuah ekonomi yang beragam dan menciptakan kekayaan di New York,” kata Thompson. “Jadi bukan hanya teknologi. Sektornya juga finansial, konsultan, lebih beragam kalau ditinjau dari basis ekonominya dan basis penciptaan kekayaannya. Silicon Valley semuanya hanya berbasis teknologi.”

Kawasan California seperti San Jose, Sunnyvale, dan Santa Clara, termasuk Silicon Valley, ada di peringkat kedua. Daerah ini ditandai dengan bisnis teknologi terbesar di dunia, seperti Google, Apple, dan Facebook.

Ibu Kota Amerika masuk peringkat ketiga. Washington DC dan daerah pinggirannya dicirikan dengan warga Amerika dengan pendidikan tinggi dan punya posisi berpengaruh.

Kawasan San Francisco menduduki peringkat ke lima, dan merupakan pusat dari pekerja teknologi tinggi berpenghasilan besar. Biaya hidup di San Francisco hampir dua kali lipat dari rata-rata biaya hidup nasional. Kawasan lainnya dari Amerika dengan konsentrasi jutawan yang tinggi termasuk Barnstable di Massachussets, lokasi Cape Cod dan Hyannis Port yang bergengsi.

Tidak ada satupun kawasan di tengah Amerika Serikat yang masuk ke dalam daftar ini.[jm]

Sumber: VOA Indonesia

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.