Home / Berita Utama

Jumat, 19 Februari 2021 - 10:02 WIB

Jadi Penjabat Gubernur Bengkulu, Ini Profil Robert Simbolon

Robert Simbolon (Foto: Portal NTT)

Robert Simbolon (Foto: Portal NTT)

BENGKULU, PROGRES.ID – Robert Simbolon telah resmi dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Bengkulu oleh Mendagri Tito Karnavian, pada Kamis (18/02/2021). Ia saat ini adalah Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Bukan kali pertama ini Robert diberi kepercayaan menjadi Pj Gubernur. Pada tahun 2018, Tjahjo Kumolo, Mendagri saat itu menugasi pria kelahiran Pallimutan, Kabupaten Samosir 28 Agustus 1964 ini sebagai Pj Gubernur Nusa Tenggara Timur.

Menukil situs resmi BNPP, Robert Simbolon menuntaskan pendidikan Strata III dan mendapat gelar Doktor (Dr) Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran, Bandung.

Sebelumnya, pendidikan dasar ia tempuh di Samosir. Mulai dari SD Negeri 6, Pangururan, Samosir, Sumut tahun 1975. Kemudian melanjutkan SMP Budi Mulia, Pangururan, Samosir tahun 1979. SMA Budi Mulia, Pematang Siantar, tahun 1982. Lalu, ia mendapatkan gelar Sarjana Muda Ilmu Pemerintahan Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) di Banjarbaru, Kalsel 1986. Pendidikan selanjutnya ialahh S-1 Ilmu Pemerintahan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP), Jakarta 1990. Strata 2 ia tuntaskan di jurusan Public Administration di University of Pittsburgh, PA, USA tahun 1994.

Robert pernah mendapat anugrah Satya Lencana Karya Satya 3 kali dan Makarti Bhakti Nagari Award, Penghargaan sebagai Lulusan Terbaik I PKN I Angkatan 42 tahun 2019 Kepala LAN RI.

Ia juga telah menduduki sejumlah jabatan di Kemendagri dan saat ini masih menjabat Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara, BNPP.(red)

Share :

Baca Juga

Warung Jancook

Berita Utama

Warung Jancook, Warung Khas Indonesia yang Berhasil Tarik Minat Warga AS

Berita Utama

Uni Eropa Harus Tepati Janjinya terhadap Negara Balkan

Berita Utama

Warga Myanmar Harus Berjuang untuk Dapatkan Akses Internet

Berita Utama

Utusan AS Bertemu Diplomat Tinggi China di Tengah Memanasnya Tensi Kedua Negara
Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi Sudah Menjadi Pandemi — BeritaBenar

Berita Utama

Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi Sudah Menjadi Pandemi

Berita Utama

Biden Umumkan Tambahan Bantuan 500 Juta Dosis Vaksin COVID-19
Sekdaprov Bengkulu

Berita Utama

Pemprov Bengkulu Siapkan Perda Adaptasi Kebiasaan Baru
Komnas perempuan

Berita Utama

Komnas Perempuan, LPSK Desak Jokowi Beri Amnesti untuk Baiq Nuril