Home / Berita Utama / Internasional

Rabu, 15 September 2021 - 03:52 WIB

Jaksa Haiti Minta Hakim Selidiki PM atas Pembunuhan Presiden

PROGRES.ID –

Jaksa kepala Haiti Selasa (14/9) meminta hakim untuk mendakwa Perdana Menteri Ariel Henry dalam pembunuhan presiden dan meminta pejabat agar melarangnya meninggalkan negara itu.

Perintah yang diajukan jaksa Port-au-Prince Bed-Ford Claude itu datang pada hari yang sama ketika dia meminta Henry bertemu dengannya untuk menjelaskan mengapa tersangka utama dalam pembunuhan Presiden Jovenel Moïse meneleponnya dua kali hanya beberapa jam setelah pembunuhan.

Juru bicara Henry belum bisa dihubungi untuk dimintai komentar.

Claude mengatakan telepon itu dilakukan pada pukul 04:03 dan 4:20 pada 7 Juli. Ia menambahkan bahwa bukti menunjukkan tersangka Joseph Badio berada di sekitar rumah Moïse ketika itu.

Badio pernah bekerja untuk Kementerian Kehakiman Haiti dan unit antikorupsi pemerintah. Ia dipecat pada Mei atas tuduhan melanggar aturan etika yang tidak disebutkan.

Dalam dokumen dua halaman, Claude membeberkan, percakapan telepon itu berlangsung tujuh menit dan bahwa Henry ketika itu berada di Hotel Montana di Port-au-Prince. Ia juga mengatakan, seorang pejabat pemerintah mencuit bulan lalu bahwa Henry memberitahunya bahwa dia tidak pernah berbicara dengan Badio.

Menteri Kehakiman Rockfeller Vincent Senin memerintahkan kepala Kepolisian Nasional Haiti untuk meningkatkan keamanan untuk Claude karena jaksa itu telah menerima ancaman “serius dan mengganggu” dalam lima hari terakhir. [ka/lt]

logo voa indonesia

Share :

Baca Juga

Latihan Yongmoodo

Berita Utama

TNI di Kodim 0718/Pati Rutinkan Beladiri Yongmoodo Tiap Minggu

Berita Utama

Long COVID, Tantangan Besar Dunia Medis Modern

Berita Utama

Jokowi Resmikan Pembangunan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Indonesia

Berita Utama

Rencana Pajak Global Harus Bertujuan Lebih Tinggi

Berita Utama

Kawanan Bersenjata Tembak Mobil Pembantu Presiden Ukraina
Sidang paripurna

Berita Utama

Pilwagub Bengkulu, Panitia Siapkan 132 Surat Suara

Internasional

La La Land, Film Musikal Yang Sukses Samai Titanic

Berita Utama

Hujan Lebat Picu Banjir dan Tanah Longsor di Sejumlah Lokasi