Home / Berita Utama / Humaniora

Senin, 10 Agustus 2020 - 19:05 WIB

Jokowi Akan Beri Rp 600 Ribu Bagi Pegawai Swasta Bergaji di Bawah Rp 5 Juta

Nasabah menukarkan uang kertas rupiah pecahan lama ke pecahan baru tahun emisi 2016 di Kantor Perwakilan/ Foto: Republika

Nasabah menukarkan uang kertas rupiah pecahan lama ke pecahan baru tahun emisi 2016 di Kantor Perwakilan/ Foto: Republika

PROGRES.ID – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berencana memberi bantuan kepada pegawai swasta yang memiliki gaji Rp 5 Juta ke bawah. Rencananya bantuan ini akan direalisasikan mulai September 2020 hingga bulan Desember 2020.

Dilansir dari ekonomi.okezone.com, pemberian bantuan itu merupakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Nominal bantuan yang akan diberikan itu sebesar Rp 600 Ribu dan akan dibayarkan per dua bulan.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani menuturkan, rencana itu merupakan alternatif membantu masyarakat kelas menengah dan mendorong daya beli masyarakat kembali bangkit.

Baca Juga |  Indonesia Masuk 20 Besar Negara Penghasil Buah Terbesar di Dunia

“Masih dibicarakan di internal pemerintah untuk berbagai alternatif kebijakan tambahan yang akan dilakukan,” kata Askolani di Jakarta, Rabu (5/8/2020).

CNBC Indonesia menulis, bantuan itu akan langsung ditransfer ke rekening bank masing-masing tenaga kerja. BP Jamsostek akan menjadi instansi yang melakukan pembayaran ini.

“(Akan ditransfer) ke rekening masing-masing pekerja, sehingga tidak akan terjadi penyalahgunaan,” kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangan resmi Tim Komunikasi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Kamis (6/8/2020).

Baca Juga |  Jokowi: Kita Tak Akan Tolerir Siapapun yang akan Ganggu Keamanan dan Demokrasi

Erick mengemukakan aturan hukum kebijakan tersebut saat ini dalam tahap finalisasi. Rencananya, kebijakan tersebut akan berlaku pada September 2020. Bantuan ini diharapkan bisa meningkatkan daya beli masyarakat.

“Program stimulus ini sedang difinalisasi agar bisa dijalankan oleh Kementerian Ketenagakerjaan di bulan September 2020 ini,” imbuh Erick.

Pemerintah menyiapkan total anggaran senilai Rp 31,2 Triliun untuk program ini. Mereka yang akan mendapat bantuan ini adalah mereka yang bekerja di sektor swasta dan terdaftar sebagai peserta BP Jamsostek.(red)

Share :

Baca Juga

Peluncuran IKP 2020

Berita Utama

Luncurkan IKP, Bawaslu Sebut Provinsi Bengkulu 5 Besar Daerah Rawan Pilkada 2020

Berita Utama

Ini 4 Instruksi Menkumham Pascatragedi Pembakaran Lapas Malabero
Porwil Sumatera X

Berita Utama

Opening Ceremony Porwil Sumatera X Bengkulu yang Menggelegar
Menteri baru Jokowi-Ma'ruf

Berita Utama

Ada Sandiaga dan Risma, Ini 6 Menteri Baru Jokowi-Ma’ruf
Video Mapping Marlborough

Berita Utama

Bencoolen Internasional Marine Festival 2019 Tampilkan Video Mapping The Story of Fort Marlborough
Megawati di Basarnas

Berita Utama

Megawati: BMKG itu Penting Bagi Nelayan dan Petani

Berita Utama

Progres Siber Media Luncurkan Aplikasi Android Progres.id

Berita Utama

TNI AD : Wajar Jika Tentara Marah Pada Iwan Bopeng
error: Konten ini dirpoteksi !!