Aksi damai 2 desember
Aksi damai 2 Desember di halaman Monumen Nasional (Monas) | Foto: Okezone

PROGRES.ID, JAKARTA – Setelah melaksanakan salat Jumat bersama-sama, Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan apresiasi dalam pidatonya kepada  peserta aksi damai dan doa bersama yang berjalan dengan tertib dan aman. Aksi damai yang dinilai sesuai instruksi tersebut layak mendapatkan pujian serta penghargaan yang tinggi.

“Saya ingin memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya karena semua jemaah yang hadir tertib, dalam ketertiban sehingga acaranya semuanya bisa berjalan dengan lancar,” kata Presiden di hadapan peserta Doa Bersama seperti yang dilansir Antara Jumat (2/12/16).

Aksi Bela Islam tersebut diikuti oleh puluhan ribu orang dari berbagai elemen dan daerah. Massa mengusung satu tuntutan, yaitu menuntut aparat penegak hukum mengadili tersangka Basuki Tjahaja Purnama dalam kasus dugaan penistaan agama.

Sesuai kesepakatan, aksi damai yang dimulai dari pukul 07.00 WIB tersebut diakkhiri setelah salat Jumat berjamaah.

Disamping itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan pidato Presiden mendapat sambutan hangat dari massa aksi. Tidak ada kejadian mencolok selama Presiden berpidato. Massa aksi tertib mendengarkan pidato dan sesekali ikut menyerukan mengikuti seruan takbir dari Presiden.

Meski, aksi tersebut merupakan hak sebagai warga negara Indonesia Lukman berharap kejadian seperti ini tidak terjadi lagi.

“Memang aksi ini adalah hak dari setiap warga, tapi kami juga minta untuk mempertimbangkan kepentingan masyarakat lain. Mari kita bersabar menunggu proses hukum Ahok,” kata Lukman dikutip dari CNN.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan menyiapkan 300 unit bus untuk mengangkut peserta Doa Bersama yang mengalami kesulitan mendapatkan angkutan saat pulang ke rumah masing-masing. Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan saat ini 200 unit bus telah siap di Gelora Bung Karno Senayan. Sedangkan 100 unit bus dikerahkan bila diperlukan tambahan. (dsy)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.