Jokowi membuat vlog yang mengabadikan santap siang bersama Raja Salman di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (1/3/2017) | Foto : Progres.id

PROGRES.ID, BOGOR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunggah vlog (video blog) pendek di akun Facebook resminya @Jokowi pada Rabu (1/3/2017), sekitar pukul 20.00 WIB. Tak tanggung-tanggung, kali ini Jokowi menjadikan kunjungan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Indonesia sebagai temanya.

Setelah membuat nge-vlog pertama kali pada pembukaan Piala Presiden 2017 lalu, kali ini Jokowi mengabadikan santap siang bersama Raja Salman di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Video yang diunggah itu berdurasi 2 menit 27 detik dengan keterangan atau hastag #JKWVLOG. Dalam vlog itu, Sayup-sayup terdengar lantunan musik khas Sunda mengiringi jamuan makan siang.

Kemudian, Jokowi membuka vlognya dengan mengucapkan salam. Lalu menjelaskan bahwa saat itu ia sedang bersantap siang bersama Raja Salman.

“Assalamualaikum, saat ini saya senang bersantap siang dengan Yang Mulia Sri Baginda Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud,” buka Jokowi.

Jokowi yang diketahui memiliki hobi baru nge-vlog ini, menjelaskan bahwa kunjungan Raja Salman kali ini adalah kunjungan balasan atas kehadirannya di Arab Saudi pada 2015 lalu.

“Dan kunjungan ini merupakan kunjungan balasan atas kedatangan saya ke Arab Saudi tahun 2015 yang lalu. Kunjungan ini juga merupakan kunjungan bersejarah setelah 47 tahun Raja Saudi Arabia ke Indonesia,” lanjutnya.

Undangan Jokowi kala itu rupanya disambut Raja Salman. Raja yang kini berusia 81 tahun itu pun menyempatkan diri terbang ke Indonesia dalam rangkaian kunjungan ke wilayah Asia.

Di sela-sela vlog-nya, Jokowi pun menggeser ponselnya ke arah Raja Salman yang baru saja selesai makan.

Jokowi meminta Raja Saudi untuk memberikan sedikit keterangan. Raja Salman pun bersedia. Raja Salman mengucapkan kata-kata dalam bahasa Arab yang kemudian diterjemahkan oleh salah seorang staf dari Kementerian Luar Negeri RI.

Raja Salman kemudian mengungkapkan kebahagiannya bisa datang ke Indonesia.

“Saya sangat senang sekali saat ini berada di Indonesia, senang dengan rakyat Indonesia. Dan saat ini saya dengan Yang Mulia Presiden Indonesia. Dan bagi kami, rakyat Indonesia merupakan saudara kami dan juga rakyat yang sangat mulia,” kata Raja Salman.

Jokowi meminta Raja Saudi untuk memberikan sedikit keterangan dalam vlognya | Foto : Progres.id

Jokowi pun tersenyum mendengar testimoni Raja Salman itu. Lalu beliau memberikan kata-kata penutup dalam vlog nya.

“Terima kasih Yang Mulia, terima kasih semoga kunjungan ini dapat meningkatkan hubungan baik kita antara Kerajaan Saudi Arabia dengan Indonesia, hubungan yang saling menguntungkan,” tutup Jokowi.

Hingga berita ini diterbitkan, video tersebut sudah ditonton sebanyak 736 ribu kali dan dibagikan sebanyak 40.644 kali. Dari lebih 81 ribu komentar pengguna Facebook, sebagian besar memuji Jokowi.

“Ahahahaha.. presiden gaul” Ujar salah seorang pengguna facebook dengan nama akun ‘Mercon Gancang’

Akun Nurul Imamuddin bahkan menyatakan kekagumannya dan memuji Vlog Jokowi.

“Buseeettt Raja Arab diajakin ngeVlog… Sadis nih Jokowi. Cuma dia yg berani kaya gtu” Tulis Nurul.

Sementara itu, akun Gunawan Suarna mengomentari bahwa seorang Presiden tidak harus kaku, namun kadang perlu kreatif dan positif.

“Presiden gak musti harus kaku. presiden gk musti harus seram dengan segala kerumitan demi citra wibawa. Presiden cukup berperilaku sebagaimana karakter bangsa indonesia, sebagaimana karakter rakyatnya, kreatif dan positif..” Ujar Gunawan. (dsy)

Berikut Vlog lengkap Presiden Jokowi bersama Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud.

#JKWVLOG Jamuan Makan Siang Bersama Raja Salman

Posted by Presiden Joko Widodo on Wednesday, 1 March 2017

 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.