Home / Berita Utama / Internasional

Selasa, 17 Agustus 2021 - 00:22 WIB

KM Bukit Sumber Poleang Terbakar, 29 Penumpang dan 5 ABK Selamat

PROGRES.ID –

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Kendari, Aris Sofingi memastikan seluruh penumpang dan anak buah kapal (ABK) selamat dalam peristiwa terbakarnya Kapal Motor (KM) Bukit Sumber Poleang di perairan dusun Tanjung desa Mapila, Kecamatan Kabaena Utara, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, Senin (16/8). Termasuk yang selamat adalah dua balita berusia satu dan dua tahun.

“Alhamdulillah untuk seluruh penumpang sejumlah 34 orang, terdiri dari penumpang dan ABK semuanya dalam kondisi selamat dan aman, dan telah dievakuasi ke desa Mapila, Kabupaten Bombana,” kata Aris Sofingi.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Kantor SAR Kendari, KM Bukit Sumber Poleang terbakar saat sedang berlayar dari pelabuhan Sikeli tujuan pelabuhan Kassipute Kabupaten Bombana. Api diketahui muncul dari bagian belakang kapal pada pukul 12.00 Wita. Beberapa ABK segera membagikan pelampung kepada seluruh penumpang yang kemudian melompat ke laut saat api semakin membesar dan sudah membakar sebagian badan kapal.

Lokasi kecelakaan kapal yang berjarak sekitar 3 mil laut dari bibir pantai itu segera direspon masyarakat Dusun Tanjung Desa Mapila, Kecamatan Kabaena Utara yang segera mendatangi lokasi kejadian dengan perahu untuk mengevakuasi para penumpang dan ABK yang mengapung di laut. Sedangkan KM Bukit Sumber Poleang dilaporkan hangus terbakar dan tidak bisa terselamatkan.

Sejauh ini penyebab kebakaran kapal yang terbuat dari kayu dan dilapisi bahan fiber itu masih dalam penyelidikan kepolisian setempat. [yl/em]

logo voa indonesia

Share :

Baca Juga

bekas ledakan Mapolres Surakarta

Berita Utama

Ledakan di Mapolres Surakarta Sebabkan Provost Luring, Identitas Bomber Diketahui
Istri Bung Tomo

Berita Utama

Istri Pahlawan Nasional Bung Tomo Meninggal Dunia
vaksinasi sinopharm

Berita Utama

Pemerintah Datangkan 2 Juta Dosis Sinopharm untuk Vaksin Mandiri

Berita Utama

Virgin Galactic Dilarang Mengangkasa Hingga Penyelidikan Usai

Berita Utama

Giliran Curup-Lebong Putus Akibat Tronton Terpeleset

Berita Utama

PBB Kirim $8 Juta Dana Bantuan ke Haiti Pasca Gempa

Berita Utama

Taliban Bahas Pembentukan Pemerintahan “Islami yang Inklusif”

Berita Utama

Kasus COVID Melonjak, PM Jepang Perpanjang Keadaan Darurat