longsor
Longsor merusak IPAL di Rimbo Recap | Foto: Hasan Basri/PROGRES.ID

PROGRES.ID, REJANG LEBONG – Dua rumah milik warga Desa Rimbo Recap Kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong terancam ambruk dihantam longsor yang terjadi Rabu sore (24/01/2018).

Kedua rumah yang terancam adalah milik, Gunawan dan keluarga, Barnas, di Dusun 3, RT 2 Desa Rimbo Recap. Menurut, Barnas, sebelum terjadi longsor terlebih dulu turun hujan disertai angin kecang.

“Kami perkirakan angin puting beliung, karena sangat kecang hingga pohon bambu yang berada persis di belakang dapur rumah berputar hingga beberapa rumpun bambu ambruk dan terjadi longsor,” terang Barnas, pagi tadi.

Longsoran juga menimpa Instalasi Pengolahan Air dan Limbah (IPAL) Komunal yang dibangun oleh pemerintah melalui program Sanimas tahun 2017 lalu. Warga setempat meminta kepada pemerintah agar segera menindaklanjuti sebelum rumah warga menjadi korban.

 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rejang Lebong, Basuki mengatakan pihaknya beserta tim sudah turun kelapangan dan siap membantu 50 unit kawat beronjong.

“Kami akan membantu 50 unit kawan bronjong. Untuk matrial lainya diserahkan ke desa,” tegas Basuki.

Intinya, kata Basuki, kapanpun warga memerlukan bronjong pihaknya sudah siap.(asb)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.