Home / Berita Utama / Edukasi

Selasa, 31 Januari 2017 - 20:39 WIB

LPDP Edufair 2017 Jakarta Disesaki Ribuan Pengunjung, Selanjutnya Yogya dan Surabaya

Ribuan peminat sesaki Edufair 2017 di pelataran Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, hari ini (31/01/2017) | Foto : lpdpedufair

Ribuan peminat sesaki Edufair 2017 di pelataran Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, hari ini (31/01/2017) | Foto : lpdpedufair

PROGRES.ID, JAKARTA – Pameran pendidikan dan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, LPDP Edufair 2017 di pelataran Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, hari ini (31/01/2017) disesaki ribuan calon peserta. Bahkan dari pantauan beberapa media, tidak kurang dari 16 ribu pengunjung menghadiri pameran pendidikan dan beasiswa paling bergengsi di Indonesia ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membuka LPDP Edufair 2017 tersebut. Dilansir oleh detikFinance, dalam sambutannya di hadapan para calon peserta, Sri Mulyani menjelaskan negara bakal mengelola Rp. 22,5 triliun dana untuk beasiswa di Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun ini. Angka itu naik Rp. 2,5 triliun dari tahun lalu.

Lebih lanjut, Sri mengajak seluruh putra bangsa untuk berani menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi di berbagai universitas terbaik di dunia. Sebagai upaya untuk memfasilitasi hal tersebut, negara telah mengalokasikan sejumlah dana untuk dikelola sebagai tangan panjang pemerintah dalam memberikan beasiswa.

Baca Juga |  Setelah Jakarta, Giliran UNAIR Surabaya disambangi LPDP Edufair 2017

“Indonesia tidak bisa lagi menunggu menjadi negara yang kualitasnya biasa-biasa saja. This country deserves better dan ini anak-anak muda yang sudah mendaftar dan sudah mendapatkan award (beasiswa) adalah mereka yang memiliki kesempatan untuk membangun Indonesia tidak hanya menjadi negara yang biasa-biasa saja,” tutur Sri Mulyani, Selasa (31/1).

Seperti diketahui, LPDP Edufair 2017 kali ini diikuti oleh 90 exhibitor yang terdiri dari kampus terbaik dalam dan luar negeri, kedutaan besar negara sahabat, lembaga pemberi beasiswa (scholarship provider), dan lembaga bahasa asing.

Di even ini, para calon peserta bisa bertemu langsung dengan para perwakilan universitas dan perguruan tinggi mitra LPDP, serta memperoleh informasi mengenai tata cara pendaftaran, persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan, batas waktu pendaftaran, biaya perkuliahan, cara mendapatkan visa studi, memperoleh izin tinggal, dan lain sebagainya.

Baca Juga |  Meski Dilarang Hakim Federal, Instruksi Pembuat Senjata 3D Mulai Dijual

Beasiswa ini sendiri difokuskan pada 10 (sepuluh) bidang keilmuan yang menjadi prioritas LPDP, yang meliputi: Bidang Teknik, Sains, Pertanian, Kedokteran, Akuntansi/Keuangan, Hukum, Agama, Ekonomi, Sosial, dan Budaya & Bahasa.

Alur seleksi dan pendaftaran beasiswa LPDP 2017 | Foto : LPDP kemenkeu

LPDP Edufair 2017 rencanya digelar estafet di tiga kota besar. Setelah Jakarta, even ini akan diadakan di Airlangga Convention Center, Universitas Airlangga Surabaya pada 2 Februari 2017. Kemudian pada 4 Februari 2017, giliran Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang akan disambangi LPDP Edufair 2017.

Sementara itu dari liputan6.com (31/1), Direktur LPDP, Eko Prasetyo mengungkapkan pihaknya berencana memberangkatkan 5.000 penerima beasiswa di tahun ini. LPDP membuka proses seleksi 4 kali dalam setahun.

“Kita akan berangkatkan 5.000 penerima beasiswa yang diambil dari hasil seleksi yang akan kita selenggarakan di beberapa kota. Pendaftaran tidak dipungut biaya apapun alias gratis,” ujarnya.(dsy)

Share :

Baca Juga

Ridwan Mukti

Berita Utama

Ditetapkan Jadi Tersangka, RM Undur Diri & Minta Maaf pada Masyarakat Bengkulu

Berita Utama

Polres Rejang Lebong Bekuk 3 Bandit Lintas Curup-Lubuk Linggau

Berita Utama

BMKG Minta Warga Waspadai Petir
Manajemen Bank Bengkulu

Berita Utama

Jika Bank Bengkulu Gagal Raih Modal Inti Rp 1 Triliun, Ini yang Bakal Terjadi

Berita Utama

Berlangsung Sengit, Persib Bandung Kalahkan Mitra Kukar 3-2 dan Lolos Ke Semifinal Piala Presiden 2017

Berita Utama

Mendikbud Dibully, FDS Terancam Batal
Bahas KEK

Berita Utama

Pengembangan KEK Pelabuhan Pulau Baai, Dorong Bengkulu Jadi Tujuan Investasi Masa Depan

Berita Utama

BMKG Akan Siarkan Langsung Streaming GMT di 7 Kota
error: Konten ini dirpoteksi !!