Home / Berita Utama / Nasional

Jumat, 8 Juli 2016 - 20:14 WIB

Media Asing Soroti Kemacetan Panjang di Brexit

Kemacetan di tol Brebes | Foto: Getty Images via Daily Mail

Kemacetan di tol Brebes | Foto: Getty Images via Daily Mail

PROGRES.ID – Media online internasional asal Inggris, The Daily Mail menulis kemacetan parah yang terjadi di jalan tol Brebes Exit yang disingkat Brexit, persis singkatan British Exit atau Britain Exit saat referendum di Inggris beberapa waktu lalu. Bisa jadi media Inggris ini tertarik dengan nama Brexit ini.

Daily Mail menulis beberapa penumpang yang terjebak hingga berjam-jam di kendaraan saat cuaca panas pingsan, bahkan meninggal.

Detik.com yang melansir berita ini juga menerangkan bahwa The Daily Mail juga mengutip keterangan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tentang berbagai penyebab pemudik bisa meninggal.

Baca Juga |  Kemendagri Pastikan 30 September Batas Akhir Pembuatan KTP Elektronik

Dalam keterangan tertulisnya pada Rabu (6/7/2016), Kemenkes menyebutkan peristiwa meninggalnya belasan orang terjadi di wilayah berbeda dalam rentang waktu tiga hari yakni, hari Minggu (3/7) hingga Selasa (5/7/2016).

“Menanggapi pemberitaan tentang adanya 13 korban meninggal di saat kemacetan di Brebes, berdasarkan laporan yang diterima dari Dinas Kesehatan, Kementerian Kesehatan mengklarifikasi bahwa kejadian tersebut terjadi dalam 3 hari sejak tanggal 3-5 Juli, di berbagai tempat, dengan berbagai faktor risiko. Bukan akibat macet dalam 1 hari dan 1 tempat yang sama seperti diberitakan sejumlah media,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Oscar Primadi, Rabu (6/7/2016).

Baca Juga |  Lepas Atlet MMA Bengkulu ke Ajang IMMAF Bahrain, Gubernur Bengkulu Pesan Ini

Dijelaskan juga, penyebab penumpang pingsan hingga meninggal karena kondisi kendaraan yang sempit dan pemakaian AC yang terus menerus.

“Kemudian ditambah lagi kondisi kabin kendaraan yang relatif sempit serta tertutup dengan pemakaian AC terus menerus akan menurunkan oksigen serta naiknya CO2,” tegas Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes, Achmad Yurianto.

Tak hanya Daily Mail, media asing lain yang menyoroti kemaian 12 orang di Brexit juga ditulis oleh Guardian. Guardian menulis berita berjudul Twelve people die in traffic jam in Indonesia at junction called ‘Brexit’.

Share :

Baca Juga

Kantor Progres.id

Berita Utama

PROGRES.ID Resmi Terverifikasi Administratif dan Faktual

Berita Utama

Ketua Komisi III Propinsi Bengkulu: Pemprop Segera Optimalkan Penyerapan APBD 2017
Junaidi Hamsyah

Berita Utama

KPK Periksa Mantan Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah

Berita Utama

5 Jam Diperiksa Jaksa, Mantan Sekda RL Dicecar 15 Pertanyaan

Berita Utama

Susah Payah Indonesia Menuju Final AFF Cup 2016
Pencak silat Indonesia

Berita Utama

Lagi, Pencak Silat Indonesia Raih Medali Emas Asian Games
presiden joko widodo

Berita Utama

Akankah Ibu Kota Tetap Pindah, Walau Jokowi Lengser?
Jokowi Prabowo

Berita Utama

Hasil Rapat Pleno Rekapitulasi KPU, Jokowi Menang 55,50 Persen
error: Konten ini dirpoteksi !!