Mei 2016, Bengkulu Posisi 6 Kota Inflasi Tertinggi

Juni 4, 2016

PROGRES.ID, BENGKULU – Kota Bengkulu menempati posisi keenam sebagai kota dengan inflasi tertinggi di Indonesia. Ini  berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang melakukan survey di 82 kota di Indonesia selama Mei 2016.

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu, Aden Gultom mengungkapkan bahwa pada bulan Mei 2016, Bengkulu mengalami inflasi sebesar 0,88 persen (mtm), kota dengan inflasi tertinggi adalah Kota Pontianak yang mengalami infalsi sebesar 1,67 persen (mtm).

“Angka ini ini cukup mengejutkan, karena pada April 2016, kita mengalami deflasi yang cukup dalam, yakni minus 0,84 persen,” jelas Aden, Kamis (2/6/2016).

Berdasarkan analisis data statistik, sambungnya, Bengkulu mengalami inflasi karena dipicu beberapa kenaikan komoditas penting.

“Kenaikan harga tiket pesawat, rupanya memicu inflasi, harga perubahannya mencapai 24,9 persen. Kemudian, komoditas beras yang mengalami perubahan harga sebesar 4,1 persen, daging ayam ras juga ada kenaikan sebesar 8,5 persen, dan gula pasir sebesar 9,2 persen. Ada juga komoditas yang mengalami deflasi, namun ternyata belum memberikan pengaruh,” jelas Aden.

Aden menerangkan bahwa kenaikan inflasi yang cukup tinggi pada Mei 2016, mengindikasikan bahwa konsumsi masyarakat Bengkulu meningkat.(**)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.