Bendera Palestina dikibarkan dalam sejumlah aksi yang sama sekali tidak berhubungan dengan Palestina | Foto : Republika & Tribun

PROGRES.ID, JAKARTA – Melalui penyataan resminya, Kedutaan Besar (Kedubes) Palestina di Jakarta, mewakili Otoritas Palestina, menyampaikan keberatan bendera Palestina dibawa dalam demonstrasi atau unjuk rasa yang sama sekali tidak berhubungan dengan Palestina.

Hal ini seolah merespon fenomena beberapa bulan belakangan di mana bendera Palestina dikibarkan dalam sejumlah aksi masa yang tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan Palestina.

“Kedutaan menyayangkan telah melihat baru-baru ini bendera Palestina dikibarkan dalam demonstrasi non damai yang murni hanya berhubungan dengan urusan domestik Indonesia. Sangat jelas tindakan itu tidak dapat diterima dan dianggap sebagai dukungan atau solidaritas dalam bentuk apa pun kepada Palestina,” demikian isi pernyataan pers Kedubes Palestina, seperti ditulis Okezone, Rabu (25/1/2017)

Secara tertulis, Kedubes Palestina juga menegaskan bahwa penggunaan bendera Palestina terutama unjuk rasa yang “tidak damai” merupakan perilaku yang tak bisa diterima serta tidak bisa dianggap sebagai simbol dukungan atau solidaritas untuk Palestina

“Sahabat Palestina yang sejati dan tulus akan menjaga stabilitas dan kedamaian di negara mereka, jika mereka benar-benar tulus ingin menciptakan kedamaian di Palestina,” lanjut pernyataan tertanggal 21 Januari 2017 tersebut.

Pernyataan resmi Kedubes Palestina terkait penggunaan bendera dalam aksi di Indonesia | Foto : Detiknews

 

Staf Kedutaan Palestina, Sari Amalia, seperti dikonfirmasi oleh BBC.com (25/1), tidak menyebut secara spesifik kelompok atau unjuk rasa tertentu. Menurutnya, ini merupakan pengamatan umum yang tampak pada unjuk rasa tahun 2016 dan awal 2017. Pernyataan ini penting untuk disampaikan karena mereka merasa penggunaan bendera itu tidak pada tempatnya.

“Seperti kedutaan lain, kami tentu punya komitmen untuk tidak mau mengintervensi dan tidak mau terbawa oleh urusan dalam negeri Indonesia,” lanjutnya.

Untuk ke depannya, Kedubes Palestina juga berharap bendera Palestina tidak lagi digunakan dalam unjuk rasa yang berhubungan dengan urusan dalam negeri Indonesia. (dsy)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.