Home / Berita Utama / Internasional

Minggu, 15 Agustus 2021 - 09:14 WIB

Pantai Gading Deteksi Kasus Ebola Pertama dalam 25 Tahun

PROGRES.ID –

Menteri kesehatan Pantai Gading dan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) dalam pernyataan terpisah, Sabtu (14/8), mengatatakan bahwa Pantai Gading mengukuhkan kasus pertama virus ebola dalam 25 tahun.

Menteri Kesehatan Pierre Dimba mengatakan di televisi nasional bahwa virus seorang gadis remaja yang berusia 18 tahun mengidap virus tersebut. Dia baru saja melakukan perjalanan dari negara tetangga Guinea.

WHO mengatakan dalam pernyataan bahwa Pantai Gading mengonfirmasi kasus pertama Ebola di negara itu sejak 1994. Menurut WHO, penyelidikan awal mendapati pasien melakukan perjalanan ke Pantai Gading melalui darat dan tiba di Abidjan pada 12 Agustus.

Guinea – tempat terjadinya wabah Ebola pada 2014-2016, yang paling mematikan dalam catatan – mengalami wabah Ebola empat bulan awal tahun ini yang dinyatakan berakhir pada 19 Juni. Guinea awal pekan ini mengonfirmasi kasus pertama virus Marburg di Afrika Barat. Penyakit virus Marburg adalah demam berdarah yang sangat menular mirip Ebola.

Penularan kedua penyakit mematikan itu terjadi melalui kontak dengan cairan dan jaringan tubuh yang tertular. Gejalanya meliputi sakit kepala, muntah darah, nyeri otot dan perdarahan.

Menurut WHO, tidak ada indikasi kasus saat ini di Pantai Gading terkait wabah di Guinea awal tahun ini. Dikatakan, penyelidikan lebih lanjut dan pengurutan genom akan mengidentifikasi varian dan menetapkan apakah ada kaitannya.[ka/ft]

logo voa indonesia

Share :

Baca Juga

Berita Utama

Api Mengamuk, Membakar Sejumlah Hutan di Perancis Selatan

Berita Utama

TV Korea Semakin Rebut Hati Penggemar Internasional

Berita Utama

Qatar Bebaskan Tentara Afghanistan yang Bunuh 3 Tentara Australia

Berita Utama

Pendidikan Inklusi Melalui Olahraga, Barcelona dan UNICEF Gandeng Kemdikbud

Berita Utama

Warga Myanmar Harus Berjuang untuk Dapatkan Akses Internet
Rachmawati Soekarnoputri

Berita Utama

Polda Metro Jaya Lakukan Penggeledahan Rumah Rachmawati dan Sri Bintang

Berita Utama

Kelompok Pemuda Hijrah dari Bekasi Siap Hadiri Jambore Pemuda Hijrah di Kota Bengkulu

Berita Utama

Pemerintah Mulai Data Anak yang Kehilangan Orang Tua Akibat COVID-19