Home / Berita Utama / Internasional

Senin, 6 September 2021 - 16:17 WIB

Pekerjaan Membuatnya Awet Muda Setelah 34 Tahun

PROGRES.ID –

Selama kurang lebih 34 tahun berkarya sebagai pengisi sura tokoh animasi Goofy, Bill Farmer mengungkapkan bahwa pekerjaanya berhasil membuat ia merasa tetap awet muda.

Farmer, yang juga mengisi suara untuk karakter Pluto dalam film kartun produksi Disney, mengatakan bahwa pekerjaannya tidak melulu berpatokan pada naskah yang telah dibuat namun juga melibatkan imajinasi.

“Kita harus menggunakan imajinasi dan harus menempatkan diri dalam situasi ini. Karakter itu harus hidup dalam benak kita ketika rekaman karena kita tidak melihat kartun itu ketika melakukannya,” kata Farmer.

“Jadi, kita harus menciptakan imajinasi, membayangkannya, menjaganya tetap fleksibel. Dengan begitu, menurut saya, kita tidak akan tumbuh dewasa. Dan kita harus bisa seperti Peter Pan dan Neverland. Kita tidak perlu menjadi tua dalam bisnis ini,” ia menambahkan.

Farmer, yang sudah didapuk menjadi legenda Disney, menjelaskan bahwa animasi dan proses sulih suara sudah sangat berubah dalam 34 tahun karirnya membawakan karakter animasi.

“Ketika saya mulai mengisi suara Goofy pada tahun 1987, (proses rekaman) umumnya (dilakukan) ibarat sebuah ensemble dalam drama radio. Sekitar 10 aktor berada di dalam sebuah ruangan, di studio, masing-masing di depan mikrofon. Itu kami lakukan seperti sandiwara radio,” kata Farmer kepada kantor berita Associated Press dalam wawancara pada akhir Agustus 2021.

Ia menjelaskan bahwa dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, proses rekaman dapat berlangsung lebih mudah.

“Semua bisa dilakukan sesuai jadwal masing-masing. Misalnya Mickey tidak bisa masuk sampai Selasa sore, sedangkan saya bisa datang Rabu, dengan begitu penyunting bisa mendapatkan hasil rekaman terbaik saya dan rekaman terbaik Mickey. Keduanya lalu digabungkan. Kita semua bisa menyaksikan bersama ketika animasi itu ditayangkan di televisi.”

Proyek terbaru Farmer adalah menyuarakan Goofy dan Pluto untuk serial animasi baru Disney “Mickey Mouse Funhouse,” yang kabarnya akan melibatkan anak-anak dari Taman Kanak Kanak dengan karya seni dan jalan cerita menarik yang membawa Mickey, Goofy bersama kawan-kawannya berpetualang ke negeri yang unik.

“Mickey Mouse Funhouse” bisa disaksikan di Disney Channel dan Disney Junior juga streaming di Disney Plus.

Farmer menyadari betul bahwa suaranya merupakan sumber mata pencahariannya. Maka dari itu ia telaten merawatnya.

“Jika saya selesai menyuarakan beberapa pekerjaan, saya akan beristirahat dan saya tahu kapan akan mulai bekerja kembali. Jadi, menjaga otot-otot suara itu mungkin menjadi hal utama yang saya lakukan. Tidak ada yang spektakuler. Saya tidak merokok. Soal makanan, apakah ada yang istimewa? Tidak juga. Saya hanya berupaya agar tetap sehat.” [mg/ka]

logo voa indonesia

Share :

Baca Juga

Berita Utama

Uni Eropa Nilai Pemerintah Taliban Tak ‘Inklusif dan Representatif’
Pulau Tikus

Berita Utama

Menikmati Wisata Bahari Pulau Tikus, Surga Pencinta Snorkeling dan Memancing

Berita Utama

Pompa Bensin Masih Banyak Kosong, Inggris Libatkan Milter 

Berita Utama

Partai Politik Jerman Tawar-Menawar Tentukan Pemerintahan Selanjutnya

Berita Utama

Suara PDIP dan Gerindra Menurun

Berita Utama

Pasukan Anti Taliban Rebut 3 Distrik di Afghanistan Utara

Berita Utama

Buntu dalam Hubungan, Biden dan Xi Bahas Hindari Konflik

Berita Utama

Serangan ISIS Tewaskan 13 Polisi Irak