Prancis, Inggris Akan Serukan ‘Zona Aman’ di Kabul

  • Bagikan

PROGRES.ID – Prancis dan Inggris pada Senin (30/8/2021) akan mendesak PBB untuk mengupayakan pembentukan “zona aman” di ibukota Afghanistan, Kabul, untuk melindungi operasi kemanusiaan, kata Presiden Perancis Emmanuel Macron.

“Ini sangat penting. Ini akan menyediakan sebuah kerangka kerja bagi PBB untuk mengambil tindakan darurat,” kata Macron dalam komentar yang diunggah ke Journal du Dimanche.

Zona aman akan memungkinkan masyarakat internasional “untuk mempertahankan tekanan terhadap Taliban,” yang kini berkuasa di Afghanistan, tambah pemimpin Prancis itu.

Kelima anggota permanen Dewan Keamanan PBB — Prancis, Inggris, AS, Rusia dan China — akan bertemu Senin (30/8) untuk membahas situasi Afghanistan.

Paris dan London akan berkesempatan untuk mempresentasikan rancangan resolusi, yang “bertujuan untuk menguraikan, di bawah kontrol PBB, sebuah ‘zona aman’ di Kabul, yang akan memungkinkan operasi kemanusiaan terus berlanjut,” kata Macron.

Komentarnya disampaikan ketika upaya internasional untuk mengangkut dengan pesawat warga negara asing dan warga Afghanistan yang rentan untuk keluar dari negara itu telah berakhir.

Prancis mengakhiri upaya evakuasi pada Jumat (27/8), dan Inggris pada Sabtu (28/8). Tentara AS sedang berjuang untuk menyelesaikan upaya evakuasi massal dari bandara Kabul sebelum 31 Agustus. [vm/ft]

logo voa indonesia

banner 336x280
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.