Gereja Katedral Jakarta dihiasi pernak-pernik Betawi, seperti adanya ondel-ondel./ Foto: Okezone.com
Gereja Katedral Jakarta dihiasi pernak-pernik Betawi, seperti adanya ondel-ondel./ Foto: Okezone.com

PROGRES.ID, JAKARTA- Gereja Paroki Katedral di Jakarta Pusat akan menampilkan suasana budaya Betawi sebagai tema perayaan natal 2016 ini. Pemilihan budaya Betawi dinilai cocok sebagai budaya yang paling akrab dengan kehidupan sehari-hari.

Selain hiasan pohon cemara khas natal, suasana Betawi tersebut dimeriahkan dengan adanya ornamen tradisional seperti, kereta kuda dan ondel-ondel, dengan warna-warna yang meriah.

Staf Humas Panitia Natal Gereja Katedral Jakarta, Bernard Hidayat mengatakan, gereja sengaja memilih dekorasi budaya Betawi pada perayaan Natal tahun 2016. Salah satu pertimbangannya adalah karena Gereja Katedral berada di Jakarta.

“Suasana budaya Betawi sebagai budaya di DKI Jakarta pun tidak absen untuk membawa umat dalam suasana yang begitu akrab,” kata Bernard dalam keterangan tertulisnya, melalui Tempo Sabtu, (24/12/2016).

Bernard menambahkan, meski budaya Betawi dipilih dalam dekorasi, pihak gereja juga meyakini umat yang datang pada perayaan natal berasal dari ragam suku. Sehingga, ia berharap ada toleransi antarsuku pada perayaan natal nanti.

Sementara itu, Natal tahun ini Katedral akan menyelenggarakan delapan kali ibadah misa. Pada Sabtu, 24 Desember 2016, misa akan dilaksanakan pukul 17.00, 19.30, dan 22.00. Sedangkan pada Ahad, 25 Desember, misa akan dilakukan pada pukul 06.00, 07.30, 09.00 (bersama Uskup Agung Jakarta), 11.00, dan 18.00. (dsy)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.