Home / Berita Utama / Internasional

Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:07 WIB

Pertemuan G-20 Fokus Bahas Krisis Kemanusiaan di Afghanistan

PROGRES.ID –

Perdana Menteri Italia Mario Draghi akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak khusus Kelompok 20 negara dengan ekonomi terbesar (G20) pada Selasa (12/10) untuk membahas masalah Afghanistan, mengingat kekhawatiran yang muncul akan bencana kemanusiaan setelah Taliban kembali berkuasa.

Sejak Taliban mengambil alih Afghanistan pada 15 Agustus lalu, negara itu, yang sebelumnya sudah mengalami kesulitan akibat kekeringan dan kemiskinan parah akibat perang selama puluhan tahun, telah mengalami kehancuran ekonomi yang meningkatkan momok eksodus pengungsi dari negara tersebut.

Pertemuan dalam konferensi video itu akan berfokus pada kebutuhan bantuan, kekhawatiran akan keamanan dan cara-cara menjamin perjalanan yang aman ke luar negeri bagi ribuan warga Afghanistan sekutu Barat yang masih berada di negara itu.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres akan bergabung dengan KTT itu, menggarisbawahi peran sentral PBB dalam mengatasi krisis tersebut karena banyak negara tidak ingin menjalin hubungan langsung dengan Taliban.

Italia, yang menjadi presiden bergilir G20, bekerja keras untuk mengadakan pertemuan itu sementara negara-negara dalam kelompok itu berbeda pandangan tentang bagaimana menangani Afghanistan setelah kekacauan yang timbul sewaktu Amerika menarik pasukannya dari Kabul.

Pertemuan pada Selasa dilakukan kurang dari tiga minggu sebelum KTT resmi para pemimpin G-20 di Roma pada 30-31 Oktober. KTT itu akan berfokus pada perubahan iklim, pemulihan ekonomi global, penanggulangan malnutrisi, dan pandemi COVID-19. (ka/ah)

logo voa indonesia

Share :

Baca Juga

Berita Utama

Biden Setuju California Dinyatakan Darurat Bencana

Berita Utama

Perempuan Cholita Bolivia Bermain Sepak Bola di Puncak Gunung

Berita Utama

Trump Menyerukan Desertifikasi Pemilu Arizona Meski Ada Hasil Audit Baru
Istri Bung Tomo

Berita Utama

Istri Pahlawan Nasional Bung Tomo Meninggal Dunia
social media

Berita Utama

Agama dan Media Sosial

Berita Utama

Kematian Akibat Badai Ida di Louisiana Naik Menjadi 26

Berita Utama

Utusan Iklim AS Desak Kaum Muda Hentikan Klaim “Omong Kosong” Beberapa Negara

Internasional

Utusan AS untuk Perdamaian Afghanistan Kunjungi Pakistan