Home / Berita Utama / Internasional

Senin, 4 Oktober 2021 - 19:17 WIB

PM Ethiopia Dilantik Untuk Masa Jabatan ke-2 Sementara Perang Meluas

PROGRES.ID –

PM Ethiopia Abiy Ahmed telah dilantik untuk masa jabatan lima tahun kedua di negara yang dicengkeram oleh perang selama hampir setahun ini.

Partai Kemakmuran pimpinan Abiy dinyatakan sebagai pemenang pemilihan legislatif awal tahun ini dalam pemilu yang dikritik dan dari waktu ke waktu diboikot oleh partai-partai oposisi, tetapi disebut oleh sebagian pengamat pemilu asing lebih baik daripada yang dilakukan pada masa lalu.

PM Abiy, yang meraih Hadiah Nobel Perdamaian 2019 karena memulihkan hubungan dengan negara tetangga, Eritrea, dan karena mengupayakan reformasi politik menyeluruh, kini menghadapi tantangan besar karena perang di Tigray meluas ke berbagai daerah lainnya, kekerasan etnik yang menimbulkan korban jiwa berlanjut, dan berbagai organisasi pengamat memperingatkan bahwa praktik-praktik pemerintah yang represif kini kembali.

Perang selama 11 bulan melemahkan ekonomi Ethiopia, yang pernah menjadi salah satu negara Afrika yang paling cepat pertumbuhannya, dan mengancam akan mengisolasi Aby, yang pernah dianggap sebagai juru damai di kawasan. Hanya tiga kepala negara Afrika, dari Nigeria, Senegal dan negara tetangganya, Somalia, yang menghadiri upacara pelantikannya hari Senin.

Pemerintah Ethiopia pekan lalu menghadapi kecaman dari PBB, AS dan beberapa negara Eropa setelah Addis Ababa mengusir tujuh pejabat PBB yang dituduhnya mendukung pasukan Tigray yang memerangi pasukan Ethiopia dan sekutunya. [uh/ab]

logo voa indonesia

Share :

Baca Juga

Berita Utama

Tinggalkan Dua Tunggakan Kasus, Ordiva: Akan Segera Kita Tindaklanjuti

Berita Utama

Mahasiswa Afghanistan di India Takut Pulang Setelah Taliban Berkuasa
Menteri baru kabinet kerja

Berita Utama

Ini 13 Menteri Baru Reshuffle Jilid II yang Dilantik Presiden Jokowi

Berita Utama

Chad akan Tarik Separuh Pasukan yang Sedang Memerangi Militan di Sahel
Margoyoso

Berita Utama

Di Pati, Beberapa Veteran Hidup Miskin Juga Ada yang Stroke, Danramil Margoyoso Pati Beri Sembako

Berita Utama

Presiden Filipina Duterte Setuju Calonkan Diri Sebagai Wapres Tahun 2022

Berita Utama

KTT Penting PBB mengenai Keanekaragaman Hayati Dibuka di China
olimpiade

Berita Utama

Indonesia Incar Tuan Rumah Olimpiade 2036