Home / Berita Utama / Industri

Jumat, 16 Oktober 2020 - 21:23 WIB

PROGRES.ID Resmi Terverifikasi Administratif dan Faktual

Logo Media Progres.id (Foto: Dok. Progres.id)

Logo Media Progres.id (Foto: Dok. Progres.id)

BENGKULU, PROGRES.ID РMedia siber Progres.id akhirnya resmi berstatus Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers pada Jumat (16/10/2020).  Media yang diterbitkan oleh PT Progres Siber Media ini telah menjalani verifikasi faktual pada 1 September 2020 oleh Wakil Ketua Dewan Pers Hendri Ch Bangun.

Pemimpin Redaksi Progres.id Mukhtar Amin menuturkan, Progres.id sebetulnya sudah mendapat status verifikasi administratif pada tahun 2017, kemudian ada permintaan pengiriman berkas ulang dan Progres.id kembali mendapat status terverifikasi administratif untuk kali kedua pada tahun 2019.

“Sudah dua kali berstatus terverifikasi administratif, kemudian baru September 2020 Dewan Pers menyempatkan datang melakukan verifikasi faktual ke kantor Progres.id,” jelas Mukhtar Amin.

Baca Juga |  Walikota Bengkulu Larang Resepsi Nikah, Tabligh Hingga Pesta Tahun Baru

Amin berujar, dengan status terverifikasi faktual tersebut, akan memberi semangat dan dampak positif bagi media siber yang berbasis di Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu ini.

“Ini menjadi semangat baru bagi kami di Progres.id untuk membangun media ini lebih baik, lebih edukatif dan dapat memberikan wawasan bagi pembacanya. Tentu kami harus mempertahankan ini dengan menyaring berita lebih ketat atau memproteksi dari hoax dan fake news,” ujar Amin.

Verifikasi faktual Progres.id

Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun dan Pemred Progres.id saat melakukan serah terima berkas verifikasi faktual. (Kanan) Sertifikat Terverifikasi Faktual dari Dewan Pers (Foto: Dok. Dewan Pers/Progres.id)

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Bangun menjelaskan, salah satu fungsi Dewan Pers berdasarkan UU No. 40/1999 tentang Pers (disingkat UU Pers) adalah melakukan verifikasi terhadap media yang ada di Indonesia. Verifikasi ini bertujuan membantu masyarakat menghadapi banjirnya informasi yang masuk melalui berbagai platform.

“Dewan Pers memiliki fungsi yang salah satunya melakukan verifikasi terhadap media yang ada di Indonesia sesuai amanat UU Pers. Verifikasi ini penting agar masyarakat mendapat informasi yang kredibel dan berasal dari perusahaan media yang jelas,” terang Hendri saat berada di Bengkulu September lalu.(pid)

Share :

Baca Juga

Kunjungan Sandiaga

Berita Utama

Kunjungi Bengkulu, Sandiaga Uno Blusukan ke Pasar Panorama dan Cuci Muka di Rumah Bung Karno
Kerusuhan di Jakarta

Berita Utama

Buntut Rusuh Aksi 22 Mei, Pemerintah Batasi Fitur Medsos

Berita Utama

Dugaan Korupsi Jalan Pulau Enggano Tahun 2016, Kejati Bengkulu Geledah 4 Ruangan Dinas PU Pera

Berita Utama

Piala Presiden 2017, Delapan Tim Pastikan Lolos ke Perempat Final
Komnas perempuan

Berita Utama

Komnas Perempuan, LPSK Desak Jokowi Beri Amnesti untuk Baiq Nuril

Berita Utama

Dinilai Berkomitmen Jaga Lingkungan, Walikota Helmi Hasan Terima Penghargaan Adipura dari Menteri LHK

Berita Utama

Meliput Aksi 112 Hari Ini, Sejumlah Awak Media Alami Kekerasan Dan Perlakuan Tidak Menyenangkan
Maria Lengari alias Osin

Berita Utama

Wow! Remaja 15 Tahun Ini Jadi Menteri Sehari Gantikan Luhut
error: Konten ini dirpoteksi !!