Home / Berita Utama / Industri

Jumat, 16 Oktober 2020 - 21:23 WIB

PROGRES.ID Resmi Terverifikasi Administratif dan Faktual

Logo Media Progres.id (Foto: Dok. Progres.id)

Logo Media Progres.id (Foto: Dok. Progres.id)

BENGKULU, PROGRES.ID РMedia siber Progres.id akhirnya resmi berstatus Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers pada Jumat (16/10/2020).  Media yang diterbitkan oleh PT Progres Siber Media ini telah menjalani verifikasi faktual pada 1 September 2020 oleh Wakil Ketua Dewan Pers Hendri Ch Bangun.

Pemimpin Redaksi Progres.id Mukhtar Amin menuturkan, Progres.id sebetulnya sudah mendapat status verifikasi administratif pada tahun 2017, kemudian ada permintaan pengiriman berkas ulang dan Progres.id kembali mendapat status terverifikasi administratif untuk kali kedua pada tahun 2019.

“Sudah dua kali berstatus terverifikasi administratif, kemudian baru September 2020 Dewan Pers menyempatkan datang melakukan verifikasi faktual ke kantor Progres.id,” jelas Mukhtar Amin.

Baca Juga |  Ketua Komisi III Propinsi Bengkulu: Pemprop Segera Optimalkan Penyerapan APBD 2017

Amin berujar, dengan status terverifikasi faktual tersebut, akan memberi semangat dan dampak positif bagi media siber yang berbasis di Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu ini.

“Ini menjadi semangat baru bagi kami di Progres.id untuk membangun media ini lebih baik, lebih edukatif dan dapat memberikan wawasan bagi pembacanya. Tentu kami harus mempertahankan ini dengan menyaring berita lebih ketat atau memproteksi dari hoax dan fake news,” ujar Amin.

Verifikasi faktual Progres.id

Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun dan Pemred Progres.id saat melakukan serah terima berkas verifikasi faktual. (Kanan) Sertifikat Terverifikasi Faktual dari Dewan Pers (Foto: Dok. Dewan Pers/Progres.id)

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Bangun menjelaskan, salah satu fungsi Dewan Pers berdasarkan UU No. 40/1999 tentang Pers (disingkat UU Pers) adalah melakukan verifikasi terhadap media yang ada di Indonesia. Verifikasi ini bertujuan membantu masyarakat menghadapi banjirnya informasi yang masuk melalui berbagai platform.

“Dewan Pers memiliki fungsi yang salah satunya melakukan verifikasi terhadap media yang ada di Indonesia sesuai amanat UU Pers. Verifikasi ini penting agar masyarakat mendapat informasi yang kredibel dan berasal dari perusahaan media yang jelas,” terang Hendri saat berada di Bengkulu September lalu.(pid)

Share :

Baca Juga

Jokowi

Berita Utama

Kalahkan Hillary & Trump, Jokowi Bakal Jadi Orang Indonesia Ke-3 yang Huni Madame Tussauds

Berita Utama

Real Count Pilkada DKI Jakarta 2017 Sudah Final, Ahok-Djarot 42.96 Persen, Anies-Sandiaga 39.97 Persen, Agus-SIlvy 17.07 Persen
Parpol

Berita Utama

Golkar Rejang Lebong Dapat Catatan, Partai Berkarya TMS
Majalah time

Berita Utama

Media Ternama AS Majalah Time Dijual ke Pendiri Salesforce Seharga $190 Juta
Firman Akbar

Berita Utama

Jalur Perseorangan, Pria Asal Bengkulu Ini Siap Maju Pilgub Aceh 2017
Ilustrasi gempa BMKG

Berita Utama

BMKG Revisi Parameter Gempa di Bengkulu Utara Jadi Mw 6,4
Sungai Air Putih

Berita Utama

Kalau ke Lebong, Jangan Lupa Mandi di Sungai Bersuhu Panas dan Dingin Ini
Pengamat bicara

Berita Utama

Pengamat: People Power Tak Bisa Digunakan untuk Batalkan Hasil Pemilu
error: Konten ini dirpoteksi !!