Amerika Serikat Iran
Ilustrasi: VOA Indonesia
Amerika Serikat Iran
Ilustrasi: VOA Indonesia

PROGRES.ID – Pemerintah negara-negara di berbagai penjuru dunia mendesak AS dan Iran untuk mengambil langkah-langkah untuk meredakan ketegangan setelah Iran melancarkan serangan terhadap kepentingan AS di Irak.

Menlu Inggris Dominic Raab, Rabu (8/1/2020), mengutuk serangan misil Iran terhadap dua pangkalan angkatan udara yang menampung pasukan AS dan koalisi, termasuk Inggris.

“Kami mendesak Iran untuk tidak mengulang serangan ceroboh dan berbahaya ini, dan sebaiknya justru mengusahakan deeskalasi segera,” kata Raab.

Ia menambahkan, perang di kawasan itu hanya akan membantu usaha ISIS, kelompok militan yang menjadi target utama misi koalisi di Irak.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengungkapkan keprihatinanya mengenai situasi di Timur Tengah, dan menyerukan agar negara-negara yang terlibat dalam konflik tersebut menempuh jalur diplomasi untuk memperbaiki hubungan.

Menlu Uni Emirat Arab Anwar Gargash mengunggah sebuah pernyataan di Twitter yang mengimbau agar kedua pihak mengambil sikap menahan diri agar tidak memperparah ketegangan. “Deeskalasi adalah sebuah langkah bijak dan perlu. Jalur politik menuju stabilitas harus ditempuh,” katanya. [ab/uh]

Logo VOA Indonesia

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.