Home / Berita Utama / Internasional

Selasa, 21 September 2021 - 18:35 WIB

Sekitar 100 Rumah Hancur Terkena Lava di La Palma

PROGRES.ID –

Lahar yang mengalir dari letusan gunung berapi di Kepulauan Canary Spanyol telah memaksa evakuasi 5.500 orang dan menghancurkan sekitar 100 rumah. Namun, lava dari letusan pertama dalam 50 tahun terakhir itu mengalir lebih lambat daripada perkiraan semula, kata pihak berwenang, Senin (20/9).

Aliran batuan cair itu tidak mencapai Samudra Atlantik pada Senin malam seperti yang diperkirakan sebelumnya, kata seorang pejabat. Para ahli mengatakan bahwa jika dan ketika itu terjadi, itu bisa memicu lebih banyak ledakan dan awan gas beracun.

Aliran baru lahar dari letusan gunung berapi itu pada Senin malam telah mendorong evakuasi penduduk di kota El Paso, tulis badan darurat regional di Twitter.

Lava dan asap terlihat setelah letusan gunung berapi di taman nasional Cumbre Vieja di El Paso, Pulau Canary La Palma, 19 September 2021.

Lava dan asap terlihat setelah letusan gunung berapi di taman nasional Cumbre Vieja di El Paso, Pulau Canary La Palma, 19 September 2021.

Gunung berapi itu pertama kali meletus pada hari Minggu (19/9), menembakkan lava ratusan meter ke udara, menelan hutan dan mengirimkan batuan cair ke laut di atas daerah berpenduduk jarang di La Palma, pulau yang terletak paling barat laut dari gugusan Kepulauan Canary.

Tidak ada korban jiwa atau cedera yang dilaporkan tetapi rekaman drone menunjukkan dua lidah lahar hitam yang menghancurkan mengalir di lereng barat gunung berapi itu menuju ke laut.

Seorang saksi mata melihat aliran batuan cair itu perlahan-lahan merobek jalan dan melalui sebuah rumah di desa Los Campitos, menyulut bagian dalam rumah itu dan menghanguskannya. (lt/uh)

logo voa indonesia

Share :

Baca Juga

Berita Utama

Korut Uji Coba Rudal Balistik di Tengah Perlombaan Senjata di Korea
Pencak silat Indonesia

Berita Utama

Lagi, Pencak Silat Indonesia Raih Medali Emas Asian Games
Muhammad Ali

Internasional

Petinju Legendaris Dunia Muhammad Ali Tutup Usia

Berita Utama

Hampir 120 Juta Siswa Masih Tinggal di Rumah akibat COVID

Berita Utama

Peneliti Australia Temukan Spesies Baru Reptil Terbang Purba

Berita Utama

Ketegangan di Kawasan Memuncak, Biden Undang PM Baru Israel ke Washington

Berita Utama

Erupsi Tarik Wisatawan ke Taman Gunung Api Hawaii
Sidang daring Bawaslu

Berita Utama

Kabulkan Gugutan Agusrin-Imron, Ini 5 Poin Putusan Bawaslu Provinsi Bengkulu