Home / Berita Utama

Jumat, 13 Januari 2017 - 12:13 WIB

Selamat Tinggal, Yahoo !

Selamat Tinggal Yahoo | Foto : Justin Sullivan/Getty Images

Selamat Tinggal Yahoo | Foto : Justin Sullivan/Getty Images

PROGRES.ID, JAKARTA – Terhitung mulai tanggal 9 Januari 2017, Yahoo akan resmi berubah menjadi Altaba. Ini adalah salah satu imbas dari kesepakatan pembelian mesin pencari Yahoo dan portal web oleh situs Verizon Communications Inc senilai US$4,83 miliar pada Juli 2016 lalu.

Seperti diketahui, kinerja Yahoo memang semakin menurun dan semakin tenggelam dalam bayang-bayang raksasa Google.
Nama Yahoo Inc akan diubah menjadi Altaba Inc. Untuk portal web Yahoo, mesin pencari, sistem layanan email dan berita layanan akan tetap ada.

“Merek Yahoo seperti Yahoo Finance dan Yahoo Sports tidak akan hilang,” jelas Jurubicara Yahoo seperti laporan Guardian. Rencana perubahan nama tersebut masih menunggu persetujuan regulator bursa Amerika Serikat (AS).

Baca Juga |  Jokowi Lanjutkan PPKM Per Level Hingga 6 September

Dikutip dari viva.co.id, Verizon berharap transaksi pembelian Yahoo ini akan selesai pada kuartal I-2017. Nama Altaba muncul dalam dokumen pembelian Yahoo oleh Verizon. Dalam dokumen yang diajukan pada awal pekan ini, tercantum klausul jika Verizon merampungkan pembelian Yahoo senilai US$4,8 miliar, maka akan ada perubahan dalam tubuh Yahoo. Pertama, nama perusahaan internet itu akan berubah menjadi Altaba dan Chief Executive Officer Yahoo, Marissa Mayer dan beberapa direktur perusahaan lainnya akan keluar dari Altaba.

Mayer akan tetap menjadi bagian Yahoo setelah proses akuisisi Verizon selesai. “Saya akan tetap berada di Yahoo. Sangat penting bagi saya untuk melihat Yahoo melewati babak baru,” kata Marrisa di akun Tumblr miliknya.

Baca Juga |  Hasil Pleno KPU, Jokowi Kalah 2.511 Suara di Provinsi Bengkulu

Selain Mayer, ada lima direksi lain mundur. Altaba kemudian akan menjadi perusahaan induk dengan aset utama 15% saham di perusahaan e-dagang Alibaba Group Holding Ltd dan 35,5% saham di Yahoo Jepang. Pemilihan nama Altaba diperkirakan gabungan nama Alternatif dan Alibaba.

Nama Altaba yang bakal menggantikan Yahoo menjadi sorotan sebagian besar pengguna internet (netizen). Netizen menjadikan nama Altaba tersebut sebagai bahan olok-olok dengan postingan gambar maupun statusnya. (dsy)

Share :

Baca Juga

Berita Utama

AS Beri Sanksi Iran atas Dugaan Rencanakan Penculikan Wartawan 
Gubernur pantau

Berita Utama

Pantau 3 TPS Pilwakot Bengkulu, Plt Gubernur: Kunci Sukses Pilkada, Penyelenggara yang Berintegritas
LSM SNAK Markus

Berita Utama

LSM SNAK Markus Laporkan Bupati Lebong ke KPK

Berita Utama

Polisi Gedung Capitol AS Selidiki ‘Ancaman Bom’

Berita Utama

Wabup Rejang Lebong Apresiasi Kegiatan Operasi Katarak Gratis
Susi dapat penghargaan

Berita Utama

Dinilai Mampu Tangani Pencurian Ikan, Menteri Susi Dapat Penghargaan WWF-Internasional

Berita Utama

Hadiri Puncak HPN 2017, Puteri Indonesia Dapat Pengalaman Kurang Menyenangkan

Berita Utama

Akankah Afghanistan Ciptakan Krisis Migran Lagi untuk Eropa?