Home / Berita Utama

Selasa, 10 Januari 2017 - 20:54 WIB

Sidang Ahok Diperkirakan Hingga Mei, Kapolda Metro Jaya Janjikan Pengamanan

Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan | Foto : globalindonesianews

Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan | Foto : globalindonesianews

PROGRES.ID, JAKARTA – Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi M Iriawan didampingi Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suntana meninjau langsung pengamanan sidang kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Auditorium Kementerian Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2017).

Irjen Pol M Iriawan mengatakan, sidang yang menyeret Ahok sebagai terdakwa ini diperkirakan akan memakan waktu yang cukup lama.Hal itu karena saksi memberatkan Ahok dalam persidangan nanti berjumlah lebih dari 46 orang saksi.

Dikutip dari Tribun News, Iriawan menjelaskan, sidang maraton yang rencananya bakal digelar setiap minggu ini diprediksi akan berjalan beberapa bulan ke depan.

Baca Juga |  Wow! Terowongan Tol Benteng-Kepahiang Dirancang Mirip di Alpen Eropa

“Tadi saya diskusi dengan tim hakim, kemungkinan bisa panjang, bisa sampai bulan April atau Mei. Karena saksi cukup banyak, saksi yang memberatkan Ahok saja 46 orang. Kalau 46, satu minggu empat (saksi) saja sudah delapan Minggu. Belum lagi yang meringankan, belum saksi ahli, belum Lidik, belum pembelaan,” ujar Irjen Iriawan yang pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat pada tahun 2013 ini.

Ia juga memastikan pihaknya akan tetap melakukan pengamanan pada setiap sidang mantan Bupati Belitung Timur itu, sehingga sidang berjalan aman.

Baca Juga |  Hijazi: Pejabat yang Dilantik Bukan Karena Lobi

“Insya Allah setiap Minggu hari Selasa, kami akan melakukan sidang.Bapak Ahok dengan pengamanan yang maksimal kami dibantu oleh unsur TNI dan Pemerintah Daerah. Intinya bagaimana sidang ini akan berjalan lancar tertib aman dan semua berjalan sesuai harapan,” tegasnya.

Seperti diketahui, Ahok di dakwa melanggar pasal 156 huruf a Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP). Jaksa mendakwa Ahok telah melakukaan penodaan terhadap agama serta menghina para ulama dan umat Islam terkait Surat Al-Maidah Ayat 51 saat kunjungan di Kepulauan Seribu. Ahok terancam pidana paling lama 5 tahun penjara, jika terbukti bersalah. (dsy)

Share :

Baca Juga

Berita Utama

Real Count Pilkada DKI Jakarta 2017 Sudah 96 Persen, Ahok-Djarot Unggul Di Empat Wilayah

Berita Utama

Mendes PDTT Bagi-Bagi Sertifikat Tanah di Bengkulu Utara
UKW Bengkulu

Berita Utama

PWI Sudah Luluskan 80 Persen Wartawan Kompeten di Indonesia

Berita Utama

TNI AD : Wajar Jika Tentara Marah Pada Iwan Bopeng
Konferensi pers Gugus Tugas

Berita Utama

Selasa 19 Mei, Laboratorium RSMY Bengkulu Sudah Mulai Uji Sampel Swab
FaceApp

Berita Utama

FaceApp Viral, Keamanan Kampanye Pilpres Amerika Serikat Terganggu
sri bintang pamungkas

Berita Utama

Dugaan Makar, 7 Orang Dipulangkan, 3 Masih Ditahan

Berita Utama

Motor Listrik Roda Tiga Yang Belakangan Jadi Perbincangan
error: Konten ini dirpoteksi !!