Sudah Zamannya Serba Digital, Gubernur Rohidin: Sudah Wajar Sensus Online

Februari 19, 2020
Sensus online

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Wagub Dedi dan pejabat BPS Bengkulu menunjukkan tanda telah melakukan sensus online di ponsel pintar mereka (Foto: Media Center Pemprov Bengkulu)

BENGKULU, PROGRES.ID – Badan Pusat Statistik (BPS) mulai melaksanakan sensus penduduk ke-7 dan pada 2020 ini BPS melakukan terobosan dengan melaksanakan Sensus Penduduk secara daring (online) untuk pertama kalinya. Ini sebagai langkah memudahkan proses sensus, apalagi sekarang telah memasuki era industri 4.0.

Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 secara daring dimulai sejak 15 Februari 2020 hingga berakhir pada 31 Maret 2020. Pada 1 hingga 31 Juli mendatang akan dilaksanakan Sensus Penduduk Wawancara, hal ini untuk mengantisipasi jika ada masyarakat yang belum mengakses secara online.

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu Dyah Anugrah Kuswardani menyampaikan Akses sensus penduduk online 2020 di Bengkulu, diawali dengan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Wakil Gubernur Bengkulu Dedy Ermasyah, unsur Forkopimda, OPD dan instansi vertikal. Hal ini sebagai upaya, menarik minat masyarakat sehingga turut melakukan sensus penduduk 2020 secara online.

“Kita di sini bersama pimpinan daerah, mengakses data secara mandiri untuk sensus penduduk secara online. Semoga dengan kegiatan ini, minat masyarakat untuk berpartisipasi dalam sensus online bertambah besar,” terang Dyah.

Dyah menambahkan sinergi BPS bersama Pemprov Bengkulu berlangsung sangat baik, Sensus ini dilaksanakan setiap 10 tajun sekali, dan pada setiap kesempatan BPS selalu mendapat dukungan. Pada sensus penduduk online ini, Pemprov juga turut mensosialisasikan ke masyarakat.

“BPS dan Pemda Provinsi selalu bersinergi, bahkan dalam hal sosialisasi pemprov sudah melakukannya dalam bentuk imbauan, dengan harapan sensus penduduk berlangsung lancar dan aman menghasilkan data yang valid,” jelas Dyah.

Sementara, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan era sekarang semua serba teknologi, dan masyarakat perlu mengikuti perkembangan tersebut. Pada sensus penduduk 2020 secara online ini, masyarakat dapat secara mandiri berpartisipasi mengisi data dirinya.

“Di Zaman serba digital ini, sensus penduduk online bukan hal yang aneh dan baru bagi kita. Dimana sekarang ini setiap aktifitas kita selalu berhubungan dengan teknologi. Cara akses sensus ini juga sangat mudah sekali, kita tinggal mengisi data sesuai yang tertera di kartu keluarga,” jelas Rohidin.

Beberapa saat lalu, Gubernur Rohidin menyampaikan harapannya semua warga Provinsi Bengkulu dapat terdata dan tercatat Sensus BPS 2020 ini. menurutnya, dengan data yang lengkap dan valid tentu akan memudahkan Pemerintah dalam memetakan program, sehingga dapat merasakannya secara merata dan tertata.

“Saya berharap betul sensus penduduk ini terlaksana dengan baik, dan kita mendapatkan data dengan benar dan seluruh warga Bengkulu terdata, jadi tidak ada lagi nanti istilah perbedaan data atau di kemudian hari masyarakat merasa tidak terdata, ketika di cek tidak masuk kedalam data kependudukan ini jangan sampai terjadi,” terang Gubernur.(rilis/red)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.