Home / Berita Utama / Seni dan Budaya

Kamis, 4 Juli 2019 - 22:28 WIB

Tahun 2020, Pemprov Bengkulu Bangun Rumah Adat Usulan BMA

Pengurus BMA Bengkulu berfoto dengan Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Supratman (Foto: Media Center Pemprov Bengkulu)

Pengurus BMA Bengkulu berfoto dengan Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Supratman (Foto: Media Center Pemprov Bengkulu)

BMA Bengkulu

Pengurus BMA Bengkulu berofot dengan Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Supratman (Foto: Media Center Pemprov Bengkulu)

BENGKULU, PROGRES.ID – Pemeritah Provinsi (Pemprov) Bengkulu mengapresiasi terkait pembangunan Rumah Adat Bengkulu yang diusulkan Badan Musyawarah Adat (BMA) Provinsi Bengkulu. Setelah koordinasi lebih lanjut dengan Gubernur Bengkulu dan jajaran teknis terkait, Rumah Adat Bengkulu ini menurut Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri akan mulai dibangun pada tahun depan.

“Terkait usulan pembangunan Rumah Adat Bengkulu, dengan Pak Gubernur sudah ada  oret-oretnya. Jadi kira-kira intinya 2020 Rumah Adat Bengkulu akan dibangun karena masuk dalam program pembangunan Pemprov Bengkulu,” jelas Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri pada Halal Bihalal bersama Tokoh Masyarakat dan Badan Musyawarah Adat (BMA) Provinsi Bengkulu, di Rumah Budaya Skupmiling Jl. Pariwisata, Kelurahan Timur Indah Kota Bengkulu, (02/07/2019).

Baca Juga |  Jembatan Ambruk di Kaur, 4 Meninggal Dunia, 6 Orang Masih Dicari

Hamka Sabri berujar, realisasi pembangunan Rumah Adat ini kewenangannya tidak hanya berada di bawah Pemprov Bengkulu. Hal ini juga tergantung adanya persetujuan dari pihak legislatif/ DPRD Provinsi Bengkulu sebagai pihak yang menyetujui dan mengesahkan anggaran.

“Jadi kekuatannya itu fifty-fifty, jadi Bappeda Provinsi siapkan perencanaan, ketuk palunya nanti ada di dewan,” pungkas Hamka.
Ketua BMA Provinsi Bengkulu S Effendi mengatakan, atas usulan pembangunan Rumah Adat Bengkulu ini, memang pihaknya telah menyampaikan Proposal kepada Pemprov Bengkulu sejak beberapa bulan lalu.
Menurut S Effendi Rumah Adat jelas menjadi icon dan kebanggaan sendiri bagi masyarakat di setiap daerah. Sehingga dengan telah dibangunnya Rumah Adat tersebut berbagai pelaksanaan kegiatan adat bisa lebih difokuskan. Selain itu juga bisa menjadi destinasi wisata baru bagi wisatawan khususnya masyarakat Bumi Rafflesia.
“Alhamdulillah usulan pembangunan Rumah Adat telah direspon baik oleh Pak Gubernur. Kita sama-sama berharap Rumah Adat ini nanti menjadi kebanggaan baru masyarakat dan juga menjadi salah satu daya tarik wisata bagi Wonderful Bengkulu 2020,” ungkap S Effendi.
Tampak hadir pada Halal Bihalal yang menampilkan Tari Kesenian Barong Landong ini Kapolda Bengkulu Brigjend Pol Supratman, Danrem 041/ Gamas Bengkulu Kolonel Inf Dwi Wahyudi, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta Ketua BMA kabupaten/kota Se-Provinsi Bengkulu.(rls)

Share :

Baca Juga

Berita Utama

Pelaku Perampokan Sadis Pulomas Tertangkap, Dua Masih Buron
kpu

Berita Utama

10 Calon Anggota KPU Provinsi Bengkulu Ini Berkesempatan Fit & Proper Test di KPU RI

Berita Utama

Wartawati Palu Express Tewas Dicekik Suami Sendiri, Padahal Korban Tengah Hamil Muda
Ilustrasi Antibiotik

Berita Utama

Di Seluma, BPOM Temukan Antibiotik yang Diduga Palsu

Berita Utama

Penyanyi Dangdut Ridho Rhoma Ditangkap Terkait Sabu-Sabu
Lion Air

Berita Utama

Ada 20 Pegawai Kemenkeu Ikut dalam Pesawat Lion Air yang Jatuh
OPEC

Berita Utama

Harga Minyak Dunia Naik Setelah OPEC Pangkas Produksi

Berita Utama

Tinjau Korban Gempa, Jokowi Janjikan 40 Juta Bagi Rumah Rusak Berat
error: Konten ini dirpoteksi !!