Home / Berita Utama / Internasional

Rabu, 25 Agustus 2021 - 11:20 WIB

Taliban Seharusnya Tidak Mendikte AS

PROGRES.ID –

Pemimpin faksi Republik di DPR, Selasa (24/8), menyerukan pemerintah Biden untuk tetap tinggal di Afghanistan hingga seluruh warga Amerika keluar dan tidak membiarkan Taliban mendikte tenggat waktu tertentu.

“Kita harus berada di sana hingga seluruh warga Amerika dapat keluar dari Afghanistan,” ujar Pemimpin Minoritas DPR Kevin McCarthy.

Ditambahkannya, “kita seharusnya menggunakan segala cara yang mungkin untuk mewujudkan hal itu dan kita tidak boleh merundingkannya. Kita seharusnya menjelaskan bahwa inilah yang akan terjadi. Dan siapa pun yang menghalangi kita untuk membawa pulang warga Amerika keluar dari negara itu, akan menghadapi bahaya.”

Pernyataan itu disampaikan McCarthy setelah Presiden Joe Biden memutuskan tetap akan menyelesaikan proses evakuasi yang dipimpin Amerika itu sesuai tenggat 31 Agustus, ujar seorang pejabat pemerintah.

Keputusan itu mencerminkan kekhawatiran militer tentang meningkatnya ancaman keamanan terhadap angkutan udara yang dimulai sejak sepuluh hari lalu itu.

Berbicara sebelum Biden menyampaikan keputusannya, seorang juru bicara Taliban menegaskan kembali bahwa kelompok itu akan menentang perpanjangan tenggat waktu. Taliban telah mengijinkan evakuasi lewat udara berlanjut tanpa gangguan.

Sekutu-sekutu Amerika, anggota-anggota Kongres – baik dari faksi Demokrat maupun faksi Republik – serta kelompok veteran dan organisasi pengungsi telah menekan Biden untuk memperpanjang tenggat waktu, yang ia tetapkan jauh sebelum Taliban dengan cepat merebut kembali Afghanistan pada 15 Agustus lalu.

Masih belum jelas apakah pengangkutan udara dari bandara internasional Hamid Karzai di Kabul itu dapat mengeluarkan seluruh warga negara Amerika, warga asing, mantan penerjemah dan militer, serta warga Afghanistan lain yang berisiko terancam di bawah kekuasaan Taliban – tepat pada 31 Agustus atau tidak. [em/lt]

logo voa indonesia

Share :

Baca Juga

Uber dan Grab

Berita Utama

Merger, Singapura Denda Grab dan Uber $9,5 Juta
Gedung MPR RI

Berita Utama

Covid-19, Pemilihan Serentak 2020 Ditunda

Berita Utama

China Lakukan Pemaksaan, Intimidasi di Laut China Selatan

Berita Utama

Pedang Belapis Emas Polri Pemberian Arab Saudi Akan Dilaporkan ke KPK

Berita Utama

Kepala Bank Dunia Serukan Keringanan Utang ‘Komprehensif’ bagi Negara-negara Miskin

Berita Utama

Daud Jordan: Saya Siap Menang Lawan Coria

Berita Utama

Menlu Blinken di Prancis untuk Revitalisasi Aliansi Transatlantik

Berita Utama

Superhero dan Karakter Unik Berlaga di Pameran Komik “Awesome Con” Versi Pandemi