matahari terbenam
Awan yang menutupi Matahari menjelang malam | Foto: Pixabay

PROGRES.ID, BENGKULU – Warga di sejumlah wilayah di Provinsi Bengkulu gagal menyaksikan Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang diprediksi dapat terlihat sebagian (GMS) pada Kamis sore (1/9/2016). Awan dan mendung menutupi Matahari yang menjelang tenggelam bahkan sebelum kontak pertama terjadi.

Bahkan, sebelum fenomena Gerhana Matahari yang tertutup awan itu terjadi, Stasiun Meteorologi Kelas III Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Soekarno Bengkulu menyebutkan, awan akan menutupi tujuh kabupaten/kotadi Provinsi Bengkulu.

Baca: Ini Jadwal Gerhana Matahari Sebagian di Provinsi Bengkulu

Tujuh kabupaten dan kota itu yang tak dapat melihat GMS itu yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Kepahiang, Rejang Lebong dan Kabupaten Lebong.

“Saat fenomena alam gerhana matahari cincin nanti, tujuh kabupaten akan tertutupi awan. Jadi fenomena tersebut tidak dapat terlihat jelas atau sempurna,” kata terang Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas III BMKG Fatmawati Soekarno Bengkulu, Anjasman pada Kamis (1/9/2016) seperti dikutip dari OkeZone.com.

Warga Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma, Alawiyah mengaku kecewa karena tak bisa menyaksikan Gerhana Matahari tersebut.

“Mau gimana lagi, ketutup awan, malahan mendung mau hujan,” ungkapnya.(pid)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.