Latihan Yongmoodo
Prajurit Kodim Pati sedang berlatih seni beladiri Yongmoodo | Foto: Pelda Syaiful/PROGRES.ID

PROGRES.ID, PATI – Untuk meningkatkan kemampuan dan menunjang tugas pokok Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kodim 0718/Pati melaksanakan latihan beladiri Yongmoodo secara rutin setiap minggu di halaman Makodim 0718/Pati.

Prajurit Kodim 0718/Pati mulai dari perwira, bintara dan Tamtama berlatih Yongmoodo tanpa terkecuali. Sebelum latihan, Pelaksana Harian (Plh) Kasdim Kapten Inf Mujima melakukan pengecekan prajurit saat apel.

Mujimo menjelaskan, Yongmoodo merupakan beladiri militer untuk bela bangsa.

“Ini adalah beladiri tangan kosong yang sejalan dengan falsafah militer yang menjunjung tinggi sportifitas dan patriotisme,” ujar Mujimo, Rabu (23/05/2018) saat ditemui di ruang kerjanya.

Latihan Yongmoodo
Prajurit Kodim Pati sedang berlatih seni beladiri Yongmoodo | Foto: Pelda Syaiful/PROGRES.ID

lebih lanjut ia mengatakan, walaupun peserta latihan beladiri sebagian sudah tidak muda lagi, namun para prajurit ini tetap antusias dan bersemangat berlatih mengikuti arahan pelatih.

“Meski sudah banyak yang tidak muda lagi, tapi mereka antusias dan mampu mengikuti arahan pelatih dengan baik seperti yang diperagakan oleh pelatih Serda Priyanto,” imbuhnya.

Sementara itu, Bati Ops Kodim Pati Peltu Suparno mengatakan dengan latihan intensif ini diharapakan seluruh prajurit Kodim 0718/Pati memiliki kemampuan bela diri Yongmoodo yang mumpuni dan meningkatkan kepercayaan diri.

“Kita harapkan dengan latihan Yongmoodo ini, prajurit makin sehat dan semakin percaya diri,” kata Peltu Suparno.

Untuk diketahui, Yongmoodo adalah seni beladiri gabungan dari beladiri Judo, Taekwondo, Apkido, Ssirum, dan Hon Sin Sul. Beladiri ini diperkenalkan pada 15 Oktober 1995 oleh The Martial Reearch Institut dari Yong In University Korea. Beladiri ini kemudian juga diadopsi oleh TNI untuk dijadikan beladiri wajib.(ipl)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.