Home / Berita Utama / Internasional

Senin, 15 Oktober 2018 - 21:14 WIB

Trump Tegaskan Perubahan Iklim Bukan Hoaks

Presiden AS, Donald Trump mendengarkan pertanyaan dari media tentang sebuah artikel opini yang dimuat di Harian New York Times di Gedung Putih, Washington, 5 September 2018 (Foto: Reuters via VOA Indonesia)

Presiden AS, Donald Trump mendengarkan pertanyaan dari media tentang sebuah artikel opini yang dimuat di Harian New York Times di Gedung Putih, Washington, 5 September 2018 (Foto: Reuters via VOA Indonesia)

PROGRES.ID – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menjaga jarak dari klaimnya yang mengatakan perubahan iklim adalah hoaks.

Dalam sebuah wawancara yang disiarkan Minggu (14/10), Trump mengatakan kepada stasiun televisi CBS “Saya rasa sesuatu sedang terjadi. Sesuatu berubah dan akan berbalik lagi… Saya tidak membantah perubahan iklim, tapi bisa saja berbalik lagi. Kita membicarakan soal (sesuatu yang terjadi) dalam jutaan tahun lamanya.”

Trump selama bertahun-tahun menyebut pemanasan global sebagai hoaks dan pernah menyebutnya sebagai plot China yang bertujuan menghancurkan ekonomi AS.

Baca Juga |  Pipa Rusak Parah dan Medan Yang Berat Dinilai Menjadi Penyebab Lambannya Perbaikan

Trump mengatakan kepada CBS dia tidak tahu apakah pemanasan global diakibatkan ulah manusia, meskipun riset ilmiah menunjukkan bahwa polusi dan aktivitas manusia adalah penyebab utama. Dia mengatakan dia tidak mau membayar “triliunan dan triliunan dolar” dan kehilangan “jutaan dan jutaan pekerjaan” untuk mencegahnya.

Sebagian besar ilmuwan mengaitkan Bumi yang menghangat dengan badai-badai yang semakin kuat. Badai Michael menghantam Florida pekan lalu sebagai badai terkuat yang menyerang daratan AS dalam hampir 50 tahun.

Baca Juga |  Tiongkok Kirim ‘Ucapan Selamat’ untuk Biden Atas Kemenangan Pemilu

Trump mengatakan ada badai-badai yang jauh “lebih parah” dibandingkan Michael dan mengatakan para ilmuwan yang menyerukan aksi melawan perubahan iklim bisa jadi “punya agenda politik yang sangat besar.” [vm]

 

Sumber: VOA Indonesia

Share :

Baca Juga

Rachmawati Soekarnoputri

Berita Utama

Rachmawati Soekarno Putri Diamankan Terkait Dugaan Makar

Berita Utama

Korea Utara Eksekusi Mati Lima Pejabat Senior Dengan Senjata Anti Pesawat
Ilustrasi intimidasi wartawan

Berita Utama

AJI, PWI, AMSI Hingga Forum Pemred Desak Polisi Usut Intimidasi Jurnalis Detik.com
Uganda

Internasional

Covid-19 Lumpuhkan Suplai Darah bagi Pasien di Uganda

Berita Utama

Heboh, Aksi Gantung Diri Live di Facebook

Berita Utama

Khawatir Pandemi, Banyak Perempuan AS Pilih Melahirkan di Rumah
International Coffee Day

Berita Utama

Peserta Virtual International Coffee Day 2020 Diajak Jelajahi Ekosistem Kopi
Rapid Test DPRD Provinsi

Berita Utama

Rapid Test di DPRD Provinsi Bengkulu, Hasilnya 2 Staf Setwan Reaktif
error: Konten ini dirpoteksi !!