Facebook Indonesia
Kantor Facebook Indonesia (Foto: Liputan6.com)
Facebook Indonesia
Kantor Facebook Indonesia (Foto: Liputan6.com)

PROGRES.ID, CALIFORNIA – Tepat hari ini, Sabtu (4/2/2017), raksasa jejaring sosial Facebook merayakan hari ulang tahunnya yang ke-13. Hari spesial ini mereka peringati dengan istilah Hari Pertemanan (Friends Day).

“Hari ini, keterhubungan menjadi sangat penting dibandingkan sebelumnya. Sabtu ini, 4 Februari, adalah hari ulang tahun Facebook yang ke-13, sebuah hari yang kami sebut sebagai Hari Pertemanan,” bunyi keterangan resmi Facebook.

Lebih lanjut, Facebook menulis pada Tagline Video pertemanan “Selamat Hari Pertemanan. Teman-temanlah yang menjadikan siapa diri kita saat ini. Jadi kami membuat video ini untuk merayakannya. Dari kami semua di Facebook, kami harap Anda menikmatinya.“

Sebenarnya, sejumlah pengguna Facebook sudah mulai mendapat pemberitahuan video ini sejak awal pekan kemarin pada newsfeed masing-masing. Video berdurasi sekitar 36 detik tersebut dibuat Facebook secara khusus untuk setiap pengguna. Video tersebut menampilkan sesosok karakter yang dibentuk dari daftar teman-teman Facebook yang sering berinteraksi dengan pengguna yang bersangkutan dalam beberapa bulan terakhir.

Di ulang tahun yang ke-13 ini, Facebook mencatatkan berita bahagia, sekaligus mengalami masalah yang agak mengkhawatirkan.

Berita bahagianya, jumlah pengguna aktif bulanan alias monthly active users (MAU) Facebook mendekati angka 2 miliar, tepatnya 1,86 miliar pengguna di seluruh dunia. Dengan pertumbuhan pengguna yang selalu naik, analis memprediksi MAU Facebook mencapai 2 miliar sebelum pertengahan 2017.

Sementara itu, sebagaimana dikutip dari KompasTekno (4/2), rata-rata pengguna aktif harian atau daily active users (DAU) Facebook mencapai 1,23 miliar atau meningkat 18 persen dari tahun ke tahun.

Facebook bahkan mengindikasikan hendak menyaingi YouTube sebagai platform berbagi video. Jejaring sosial bernuansa biru ini berencana membagi pendapatan iklan untuk para kreator video agar lebih termotivasi berkarya di Facebook.

Berita mengkhawatirkannya adalah meski memiliki miliaran jumlah pengguna, Facebook ternyata menghadapi masalah yakni para penggunanya makin jarang mengunggah posting original atau kontennya yang ditulis atau dibuat sendiri. Facebook makin banyak dijejali sharing konten lain, seperti misalnya berbagi tautan ke situs berita.

Penurunan posting original Ini sekilas memang tak menimbulkan ancaman langsung. Namun, jika tren ini berlanjut, lama kelamaan pengguna bakal “malas” untuk membuka Facebook.
Dirangkum dari KompasTekno (4/2), sebuah data internal menyebutkan bahwa, hingga pertengahan 2015 lalu, jumlah sharing secara keseluruhan di Facebook mengalami penurunan 5,5 persen dibanding tahun sebelumnya. hanya 39 persen yang selalu menunggah posting original setiap pekan.

Salah faktor penyebabnya adalah semakin banyak teman, maka lingkungan di Facebook bakal terasa semakin tidak privat dan semakin tidak nyaman. Ditambah dengan aneka berita serta iklan yang bertebaran di News Feed, Facebook pun berubah menjadi tempat yang teralu ramai dan riuh. (dsy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.