Usai Bertemu Sejumlah Tokoh, Jokowi Timbang Terbitkan Perppu KPK

September 26, 2019
Berita Utama Nasional 0   121 views 0
Presiden Jokowi

residen Jokowi saat menyampaikan keterangan pers di Istana Merdeka, pada Kamis, 26 September 2019, mengenai aspirasi yang disampaikan oleh para mahasiswa. (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, PROGRES.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengaku sedang mempertimbangkan untuk menerbitkan Peraturan Presiden Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ini disampaikan Jokowi usai menerima sejumlah tokoh nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (26/9/2019).

“Berkaitan dengan UU KPK yang sudah disahkan oleh DPR, banyak sekali masukan yang diberikan kepada kita, utamanya masukan itu berupa Perppu,” ujar Jokowi, dikutip dari Kompas.com.

“Tentu saja ini kami hitung, kalkulasi dan nanti setelah itu akan kami putuskan dan sampaikan kepada senior-senior yang hadir pada sore hari ini,” imbuh Jokowi.

Dinukil dari DetikCom, Presiden Jokowi mengaku akan menerbitkan Perppu itu sesegera mungkin.

“Secepat-cepatnya, sesingkat-singkatnya,” tutur Jokowi.

Padahal sebelumnya, Presiden Jokowi enggan menerbitkan Perppu tersebut. Ia hanya meminta pihak-pihak yang tidak setuju atas revisi Undang-Undang itu untuk menggugatnya melalui Mahkamah Konstitusi (MK).

“Enggak ada (penerbitan Perppu KPK),” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta pada hari pertama adanya aksi unjukrasa mahasiswa.

Untuk diketahui, tokoh-tokoh yang datang dan menggelar pembicaraan dengan Jokowi di Istana Merdeka diantaranya, Quraish Shihab, Romo Magnis Suseno, Mahfud Md, Alissa Wahid, Butet Kartaredjasa, Goenawan Mohamad, Anita Wahid, dan Christine Hakim.(red)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.