Home / Gadget dan Teknologi / Internasional

Senin, 28 Maret 2016 - 13:37 WIB

Fokus Digital, Edisi Cetak Surat Kabar Inggris The Independent Berakhir

PROGRES.id – Surat kabar Inggris, The Independent akhirnya menerbitkan edisi pamungkas pada Sabtu (27/3/2016). The Independent memutuskan untuk tidak lagi memberikan sajian berita via surat kabar cetak, namun akan fokus pada pemberitaan online atau digital.

The Independent telah terbit dalam format cetak selama 30 tahun. Kecenderungan masyarakat memilih membaca berita dari situs berita online terlihat dari menurunnya oplah surat kabar tersebut drastis dari angka 420 ribu menjadi hanya 10 persen dari total penjualan.

“Jurnalisme telah berubah di luar apa yang dibayangkan. Kami pun (The Independent) harus berubah mengikuti perubahan zaman,” kata Evgeny Lebedey, salah satu pemilik surat kabar The Independent, seperti dikutip oleh Viva.co.id dari situs Sky News, Minggu, (27/3/2016).

Evgeny bersama Alexander Lebedey, telah mengumumkan pemberhentian edisi cetak pada Februari lalu. Mereka menjelaskan akan mengikuti proses transisi ke arah digital.

Pada halaman depan edisi terakhir surat kabar The Independent memuat cerita eksklusif tentang koneksi Inggris dalam komplotan untuk membunuh mantan Raja Arab Saudi. Terdapat gambar mencolok penumpang kereta yang dievakuasi selama operasi antiteror di Brussels, Belgia.

Untuk diketahui, The Independent merupakan media cetak yang didirikan oleh tiga mantan jurnalis pada Tahun 1986 yang digawangi oleh Andreas Whittam Smith. Media cetak ini akhirnya populer karena layout-nya cukup menarik didukung kualitas foto yang baikd ari para fotografernya.

Dalam sebuah editorial, The Guardian memberikan penghormatan kepada media cetak The Independent yang telah memutuskan diri hengkang dari dunia cetak karena juga disebabkan faktor menurunnya iklan di versi cetak seiring perkembangan teknologi digital.

Share :

Baca Juga

Coronavirus

Humaniora

IMF Sebut Pertumbuhan Global Akan Turun Akibat Virus Corona

Berita Utama

Khawatir Pandemi, Banyak Perempuan AS Pilih Melahirkan di Rumah
Donald Trump

Gadget dan Teknologi

Jumlah ‘Follower’ Berkurang, Trump Mengeluh Kepada Bos Twitter

Internasional

Pangkalan Militer Suriah Diserang Rudal Jet Tempur Israel
Mark Zuckerberg

Berita Utama

Facebook Kembali Tolak Batasi Target Iklan Politik
Bali

Berita Utama

Daftar Negara Terkaya di Dunia Versi IMF 2018, Indonesia Ranking 7
Astronot Pertama

Internasional

Astronot Pertama Uni Emirat Arab Berlatih dengan Awak ISS
Presiden Kamboja

Internasional

Kamboja Akan Jadi Negara Satu Parpol
error: Konten ini dirpoteksi !!