Zulkifli
Zulkifli Hasan (Kompas.com)
Zulkifli
Zulkifli Hasan (Kompas.com)

PROGRES.ID, JAKARTA- Usaha Dewan Pers menertibkan media abal-abal yang kerap menyebar berita hoax mendapatkan apresiasi dari Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

Zulkifli mengatakan, penertiban tersebut dilakukan untuk memerangi media yang tidak jelas. Menurutnya, munculnya media abal-abal merupakan dampak dari era reformasi yang membuka pintu kebebasan pers, dan dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

“Pers menjadi kekuatan yang tidak terkendali, karena bebas sebebas-bebasnya. Karena itu rencana Dewan Pers untuk melakukan penertiban tersebut patut didukung,” katanya dikutip dari Antara, Senin (9/1/2017).

Selain itu, Ketua MPR juga berharap pers Indonesia bisa besikap lebih independen dan tidak membela kekuatan tertentu sehingga memutarbalikkan fakta.

“Saat ini kondisi tersebut sudah terjadi. Ini harus ditertibkan, jangan sampai masyarakat tidak peduli lagi terhadap media, lantaran ulah media sendiri,” kata Zulkifli.

Sebelumnya, Dewan Pers akan segera membuat label untuk mempermudah masyarakat mengenali media massa terpercaya. Label berbentuk kode Quick Response (QR code) itu akan dibubuhkan di media cetak hingga di media berbasis daring (online). Media penyebar hoax tak akan mendapat QR code ini. (dsy)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.