Megawati Kesal MA Beri Diskon Hukuman Ferdy Sambo Cs

megawati hut pdip
Megawati Soekarno Putri berpidato pada acara HUT PDI Perjuangan ke-50 (Foto: Dok. PDIP/PROGRES.ID)

JAKARTA, PROGRES.ID – Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri, tak bisa menyembunyikan rasa kekecewaannya terkait pengurangan hukuman yang diberikan kepada Ferdy Sambo. Sebelumnya, Ferdy Sambo telah divonis hukuman mati oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Namun, pada tingkat Mahkamah Agung, vonis hukumannya justru dikurangi menjadi hukuman penjara seumur hidup.

“Tapi ada juga jenderal, makanya aku nyentil itu Pak Sambo, kok anak buah sendiri dibunuh? Sudah gitu saya berpikir, hukum Indonesia ini seperti apa sekarang? Saya bukan ahli hukum, tapi saya mampu berpikir,” ungkap Megawati dalam suatu acara BPIP di Jakarta Selatan, seperti yang dilaporkan pada Selasa, 22 Agustus 2023.

Bacaan Lainnya

Megawati juga mengungkapkan kebingungannya terkait putusan Mahkamah Agung. Pasalnya, dalam dua tahap persidangan sebelumnya di Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi, Ferdy Sambo telah divonis hukuman mati. Namun, putusan tersebut berubah pada tingkat kasasi.

“Sudah ada dua tingkatan pengadilan sebelumnya yang menjatuhkan hukuman mati, lalu ketika kasasi di Mahkamah Agung, kok ada pengurangan hukuman?” tanya Megawati.

Meskipun demikian, Megawati menegaskan bahwa ia tetap menghormati keputusan hukum yang diambil oleh para hakim. Terlebih lagi, putusan yang diberikan terhadap Ferdy Sambo adalah tingkat tertinggi, yaitu putusan kasasi.

“Bagi saya, saya menghormati Mahkamah Agung. Saya menghormati lembaga tersebut,” tutup Megawati.

Tak hanya Ferdy Sambo, pengurangan hukuman juga diterapkan pada Putri Candrawathi, istri Ferdy, serta bawahannya, Kuat Ma’ruf dan Ricky Rizal. Putri Candrawathi awalnya dihukum 20 tahun penjara, namun dengan kasasi MA hukumannya ditekan menjadi 10 tahun.

Kuat Ma’ruf, yang awalnya dijatuhi hukuman 15 tahun penjara, juga mengalami pengurangan hukuman menjadi 10 tahun. Sementara itu, Ricky Rizal, yang semula dihukum 13 tahun penjara, kini hanya dijatuhi hukuman 8 tahun penjara setelah proses kasasi di Mahkamah Agung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.