Home / Berita Utama / Hukum

Jumat, 3 Maret 2017 - 22:10 WIB

Sengketa Pilkada 2017, Hanya Tujuh Gugatan PHP Kada yang Diperkirakan Lolos Sidang Pleno MK

Dari 48 PHP Kada yang masuk ke Mahkamah Konstitusi, diperkirakan hanya tujuh yang lolos | Foto : FSPS

Dari 48 PHP Kada yang masuk ke Mahkamah Konstitusi, diperkirakan hanya tujuh yang lolos | Foto : FSPS

PROGRES.ID, JAKARTA – Dari sebanyak 48 permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota (PHP Kada) Serentak 2017 yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK), diperkirakan hanya 7 gugatan yang akan lolos untuk diproses di sidang pleno.

Hal ini terungkap dalam acara diskusi bertemakan “Peran Mahkamah Konstitusi (MK) dalam Mewujudkan Keadilan Substansial” di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Peneliti Konstitusi dan Demokrasi (Kode) Inisiatif, Adam Mulya B mengatakan ketujuh daerah pemilihan Bupati/Wali Kota atau Gubernur itulah yang memenuhi persyaratan ambang batas selisih perolehan suara, yakni berkisar 0,5 persen hingga 2 persen dari total suara sah agar bisa disengketakan.

“Hanya tujuh sengketa yang penuhi ambang batas waktu dan suara,” ujar Adam, dilansir kompas (3/3/2017)

Padahal, menurut Adam, dalam sidang panel nanti seharusnya hakim konstitusi melihat secara seksama seluruh permohonan yang diajukan. Tak hanya soal selisih suara tetapi juga pelanggaran yang kemungkinan terjadi dalam suatu daerah.

“Dalam pemeriksaan pendahuluan jangan hanya periksa syarat itu (selisih perolehan suara), tapi langsung periksa saja ada kecurangan apa enggak,” ujarnya.

Baca Juga |  Lebaran Hari Kedua, Puluhan Rumah Terendam Banjir

Hampir senada, dari detiknews, Charles Simabura dari Pusako FH Universitas Andalas yang juga menjadi salah satu pembicara dalam diskusi tersebut, menambahkan bahwa ambang batas itu membuat banyak permohonan di beberapa daerah berpotensi harus terhenti dan tidak bisa diproses oleh MK.

“Kita kan tidak tahu kejadian apa yang terjadi di balik selisih itu. Apalagi sekarang masih macam-macam aja kecurangan dalam Pilkada, kan sederhana aja, semuanya itu pelaku pelanggaran, mau yang menang atau kalah itu sama, pelaku pelanggaran. Jadi MK jangan tutup mata dengan hal ini,” ujar Charles.

Menurut Charles, MK harus bisa lebih terbuka terkait ambang batas suara itu. Dia menyarakan agar MK tidak terlalu ketat dan terpaku dengan peraturan tersebut dan mencoba untuk melakukan pendalaman terlebih dahulu terkait permohonan yang disampaikan ke MK

Sementara itu, mengutip Kompas.com (3/3), ketujuh daerah yang diperkirakan lolos tersebut yakni:

  1. Kabupaten Takalar, selisih perolehan suara pasangan calon Burhanuddin B-Natsir Ibrahim dari pesaingnya, Syamsari-Achmad Dg Se’re, sebesar 1,16 persen.
  2. Kabupaten Gayo Lues, selisih perolehan suara pasangan calon Abdul Rasad-Rajab Marwan dari pasangan calon Muhammad Amru-Said Sani, sebesar 1,43 persen.
  3. Kota Salatiga, selisih perolehan suara pasangan calon Agus Rudianto-Dance Ishak dari pesaingnya, Yuliyanto-Muhammad Haris, sebesar 0,94 persen.
  4. Kabupaten Bombana, selisih perolehan suara pasangan calon Kasra Jaru-Man Arfah dari pesaingnya, Tafdil-Johan Salim sebesar 1,56 persen.
  5. Kota Yogyakarta, selisih perolehan suara pasangan calon Imam Priyono-Achmad Fadli dari pesaingnya, Haryadi Suyut-Heroe Poerwadi, sebesar 0,59 persen.
  6. Kabupaten Maybrat, selisih perolehan suara pasangan calon Karel Murafer-Yance Way dari pesaingnya, Bernard Sagrim-Paskalis Kocu, sebesar 0,33 persen.
  7. Provinsi Sulawesi Barat, selisih perolehan suara pasangan calon Suhardi Duka-Kalima Katta dari pasangan calon Ali Baal-Enny Anggraeny Anwar, sebesar 0,75 persen.
Baca Juga |  Luncurkan IKP, Bawaslu Sebut Provinsi Bengkulu 5 Besar Daerah Rawan Pilkada 2020

Seperti diketahui, MK membuka pengajuan permohonan PHP Kada 2017 pada 22 hingga 28 Februari 2017 (PHP Bupati dan Walikota) dan 27 Februari hingga 1 Maret 2017 (PHP Gubernur). Adapun persidangan perdana, dijadwalkan pada 16 Maret 2017 dan pengucapan putusan pada 10 hingga 19 Mei 2017. (dsy)

Share :

Baca Juga

Berita Utama

Selamat Tinggal, Yahoo !
Gubernur Bengkulu

Berita Utama

Kondisi Pasien Covid-19 di Bengkulu Membaik

Berita Utama

106 Kg Sabu dan 200 ribu lebih eksatasi, Polisi Tangkap Lima orang, Tiga Tewas.

Berita Utama

Kapolda Bengkulu Dukung Program JSPS , Helmi : Ada Warga Sakit Segera Lapor ke Pemkot

Hukum

Selundupkan Sabu 10 Kg dari Malaysia, BNN ringkus 12 Orang di Medan.

Berita Utama

Harga Pertamax, Pertalite dan Dexlite Resmi Naik Rp.150 per Liter

Berita Utama

Protes PHK, Karyawan PT Bio Nusantara Mogok Kerja
MK putuskan tolak prabowo-sandi

Berita Utama

MK Putuskan Tolak Seluruh Permohonan Gugatan Prabowo-Sandiaga
error: Konten ini dirpoteksi !!