Home / Humaniora

Senin, 6 September 2021 - 00:15 WIB

Mengenal Filipina, Negara yang Memiliki Ciri Geografis Seperti Indonesia

Peta Filipina

Peta Filipina

PROGRES.ID – Negara ASEAN yang memiliki ciri geografis berbentuk kepulauan yang terpisah-pisah adalah Filipina. Indonesia dan Filipina adalah negara yang sama-sama berbentuk fragmented. Maksudnya adalah negara yang bagian-bagiannya terpisah oleh kondisi geografis. Baik Indonesia maupun Filipina merupakan negara kepulauan atau negara yang terdiri dari pulau-pulau yang dipisahkan oleh laut.

Filipina berbatasan langsung dengan Indonesia di bagian Timur. Filipina memiliki 3 wilayah utama atau pulau besar, yakni Pulau Luzon, Kepulauan Visayas dan Pulau Mindanao. Negara yang beribukota Manila ini terdiri dari 7.641 pulau.

Ada pun batas-batas Filipina adalah, di bagian Barat berbatasan dengan Laut China Selatan. Di sebelah Utara dengan Selat Luzon yang memisahkan negara ini dengan Taiwan.  Di Timur berbatasan dengan Samudera Pasifik dan di Selatan berbatasan dengan Laut Sulawesi.

Filipina adalah sebuah negara berbentuk republik. Sama seperti Indonesia, masyarakat Filipina merupakan masyarakat agraris dengan makanan pokoknya adalah nasi. Mengutip tulisan di Wikipedia, masyarakat Filipina telah ribuan tahun mengembangkan sistem cocok tanam padi.

Filipina tercatat sebagai negara paling maju di Benua Asia usai Perang Dunia II. Sayangnya kemudian ekonomi negara ini memburuk hingga tertinggal oleh negara-negara lain. Ini disebabkan banyaknya korupsi oleh oknum pejabat negara serta dan pengaruh neo-kolonial.

Saat ini, pertumbuhan ekonomi Filipina terus beranjak ke arah positif. Filipina juga disebut-sebut sebagai satu-satunya negara di Benua Asia yang memiliki kekentalan budaya Barat.

Filipina memiliki dua bahasa resmi, yakni Bahasa Tagalog dan Bahasa Inggris. Dulunya, Filipina merupakan koloni Kerajaan Spanyol. Kemudian diduduki Amerika Serikat, hingga akhirnya merdeka pada tahun 1946 dari tangan Jepang. Agama mayoritas di Filipina adalah Katolik Roma. Filipina merupakan negara Asia Tenggara yang memiliki penduduk beragama Katolik terbesar selain Timor Leste.

Filipina sejauh ini masih memiliki masalah dengan separatis atau pemberontak. Seperti gerakan separatis Bangsamoro di sebelah Selatan Filipina, yakni wilayah Mindanao. Kemudian pemberontak dari Tentara Rakyat Baru (New People’s Army) yang disebut berideologi komunis juga bergerak di wilayah-wilayah pedesaan. Masalah lainnya di negara ini adalah tingkat kejahatan yang cukup tinggi, kerusakan lingkungan akibat penebangan hutan, dan polusi laut.

Share :

Baca Juga

Produksi Masker BLK

Berita Utama

Gubernur Bengkulu Rohidin Minta BLK Produksi Masker Sendiri
Coronavirus

Humaniora

IMF Sebut Pertumbuhan Global Akan Turun Akibat Virus Corona
monumen Lincoln

Humaniora

Pemimpin Hak-hak Sipil AS Serukan Dialog Baru Soal Rasisme
Paskibraka

Berita Utama

Pulang ke Bengkulu Disambut Antusias, Paskibraka Nasional Aisyah dan Sudrajat Terkesan
Aliansi Jurnalis Independen

Berita Utama

Era Digital, Pers Indonesia Disandera Ancaman Lama
Yedija Manulang

Humaniora

Putri Bengkulu, Sang Perajut Merah-Putih Role Model Perempuan Indonesia

Berita Utama

Jokowi Akan Beri Rp 600 Ribu Bagi Pegawai Swasta Bergaji di Bawah Rp 5 Juta
kantor voa

Berita Utama

Tak Dapat Pembaruan Visa AS, Jurnalis VOA Kembali ke Indonesia