pubmatic.com, 157566 , DIRECT, 5d62403b186f2ace

34 Kali Gempa Bumi Guncang Bengkulu Sepanjang Dasarian II Maret 2022

Dari 11 Maret Hingga 20 Maret

ilustrasi gempa
Ilustrasi gempa (Tirto.id)

BENGKULU, PROGRES.ID BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang telah mencatat 34 kejadian gempabumi di wilayah Provinsi Bengkulu dan sekitarnya selama periode dasarian II Bulan Maret 2022 (11 – 20 Maret 2022). Demikian disampaikan melalui rilis resmi BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang, Senin (21/03/2022).

Selama periode tersebut, Stasiun Geofisika Kepahiang mencatat ada satu kali gempa yang dirasakan, yakni berada di Kabupaten Bengkulu Utara.

infografis gempa maret

Pada periode tersebut terjadi satu kejadian gempabumi dirasakan di wilayah Provinsi Bengkulu yang terjadi di Kabupaten Bengkulu Utara dengan magnitudo 4.9 SR dengan skala intensitas II-III MMI. Gempabumi didominasi dengan magnitudo (3 ≤ M ≤ 5) SR dan kedalaman dangkal,” tulis rilis resmi Stasiun Geofisika Kepahiang.

Mayoritas gempa yang terjadi merupakan gempa dangkal sebanyak 82,4 Persen. Sisanya adalah gempa dengan kedalaman menengah sebanyak 17,6 Persen.

Meski dinilai tidak ada gempa bumi yang dinilai dapat membahayakan, namun masyarakat Provinsi Bengkulu diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi gempa bumi yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Kewaspadaan tersebut penting untuk meminimalisir terjadinya korban jiwa jika ada gempa yang besar.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.