Home / Internasional

Sabtu, 14 November 2020 - 06:08 WIB

Tiongkok Kirim ‘Ucapan Selamat’ untuk Biden Atas Kemenangan Pemilu

uru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin berbicara selama konferensi pers di Beijing. (Foto: Reuters via VOA Indonesia)

uru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin berbicara selama konferensi pers di Beijing. (Foto: Reuters via VOA Indonesia)

PROGRES.ID – China (Tiongkok) menyampaikan ucapan selamat kepada presiden terpilih Joe Biden pada hari Jumat (13/11/2020), hampir sepekan setelah ia diproyeksikan sebagai pemenang pemilihan presiden AS.

Hubungan AS-China berkembang semakin tegang dalam beberapa tahun belakangan di bawah pemerintahan presiden Donald Trump. Hubungan ini dingin sejak hubungan resmi didirikan empat dekade silam, sebagaimana dikutip dari AFP.

“Kami menghormati pilihan rakyat Amerika. Kami menyampaikan ucapan selamat kepada Mr. Biden dan Ms. Harris,” kata juru bicara kementerian luar negeri China Wang Wenbin pada konferensi pers rutin. Wang mengatakan China memahami “hasil pemilu AS akan ditentukan sesuai dengan hukum dan prosedur AS.”

China sebelumnya termasuk di antara segelintir negara besar, termasuk Rusia dan Meksiko, yang belum memberi ucapan selamat kepada presiden terpilih. Beijing sebelumnya pada pekan ini hanya berkomentar bahwa Chinatelah “memperhatikan Biden menyatakan dialah pemenangnya.”

Sejak media AS memberitakan tentang pemilihan presiden, Trump belum mengaku kalah kepada Biden sebagaimana praktik tradisional sewaktu diumumkan seseorang diproyeksikan sebagai pemenang.

Masa jabatan empat tahun Trump di Gedung Putih telah ditandai oleh perang dagang yang mahal antara kedua negara adidaya itu. Beijing dan Washington juga berselisih mengenai pandemi Covid-19 serta catatan HAM China di Xinjiang dan Hong Kong.

Di bawah slogan “Dahulukan Amerika,” Trump telah menggambarkan China sebagai ancaman terbesar bagi AS dan demokrasi global. [uh/ab]

Logo VOA Indonesia

Share :

Baca Juga

Karikatur jokowi

Berita Utama

The Manila Times Terbitkan Karikatur Provokatif Jokowi Serang China

Internasional

Pangkalan Militer Suriah Diserang Rudal Jet Tempur Israel
Kerusuhan AS

Berita Utama

Amerika Rusuh, Trump dan Gubernur Saling Tuding
Warung Jancook

Berita Utama

Warung Jancook, Warung Khas Indonesia yang Berhasil Tarik Minat Warga AS
hacker

Berita Utama

Lagi, Hacker Jebol 240 Miliar dari Server Electronic Art
Raja Abdullah II

Internasional

Di Majelis Umum PBB, Raja Abdullah Minta PBB Terus Dukung Palestina
Kawasan hunian jutawan AS

Berita Utama

Inilah Kawasan di AS yang Banyak Dihuni Jutawan
Filipina

Berita Utama

Filipina Jadi Negara Pertama yang Tutup Pasar Keuangan Akibat Corona
error: Konten ini dirpoteksi !!