Hadits dan Doa Menjenguk Orang Sakit

berdoa
Ilustrasi (Pexels)

PROGRES.ID – Seiring dengan perjalanan hidup yang tak terduga, manusia tak dapat menghindari situasi di mana kesehatan mereka menurun dan terkena penyakit. Kondisi ini berlaku untuk semua individu, baik diri sendiri maupun orang lain di sekitar kita.

Dalam pandangan agama Islam, yang diwahyukan oleh Nabi Muhammad SAW, terdapat ajaran yang menggarisbawahi pentingnya saling menjenguk antar sesama Muslim ketika sedang sakit. Hal ini menjadi bagian dari praktek kehidupan sehari-hari yang diemban oleh umat Islam.

Bacaan Lainnya

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW mengenai hak seorang muslim terhadap muslim lainnya:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ قِيلَ مَا هُنَّ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ

وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ

“Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Hak seorang muslim terhadap muslim lainnya ada enam perkara.” Lalu Nabi ditanya, ‘Apa enam perkara itu, wahai Rasulullah? Kemudian Nabi menjawab: (1) Bila engkau bertemu saudaramu, ucapkanlah salam. (2) Bila ia mengundangmu, penuhilah undangannya. (3) Bila ia meminta nasihat, berilah ia nasihat. (4) Bila ia bersin lalu membaca tahmid (hamdalah), doakanlah semoga ia mendapatkan rahmat. (5) Bila ia sakit, jenguklah ia. (6) Dan bila meninggal dunia, ikutlah mengantar jenazahnya ke pemakaman.” (HR. Muslim no. 2162)

Hadits di atas menjelaskan kepada kita terkait anjuran Rasulullah agar menjenguk saudara kita yang sedang sakit. Ketika menjenguk orang sakit, kita sebaiknya membaca doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Di bawah ini adalah doa yang sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW kala menjenguk orang sakit:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

(Allahumma rabban naasi adzhibil ba’sa isyfihi wa antasy syaafi la syifaa-a illaa syifaa-uka syifaa-an la yughaadiru saqama)

“Ya Allah, Dzat yang dipertuhankan manusia, hilangkanlah rasa sakit dan anugerahkanlah kesembuhan padanya (yang sedang sakit), karena Engkau adalah Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit.” (HR Bukhari dan Muslim)

Hadits lain tentang menjenguk orang sakit adalah:

لَا بَأْسَ طَهُورٌ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

(Laa ba’sa thahurun insyaa Allah)

“Tidak apa, semoga menjadi penghapus dosa, jika Allah menghendakinya.” (HR. Bukhari)

Itulah hadits tentang sunnahnya kita menjenguk orang sakit dan doa menjenguk orang sakit sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.