pubmatic.com, 157566 , DIRECT, 5d62403b186f2ace

Apakah Mesothelioma Itu?

mesothelioma
Mesothelioma (Sumber: Asbestos.com)

PROGRES.ID – Mesothelioma merupakan salah satu jenis penyakit kanker. Penyakit kanker jenis ini biasanya menjangkiti lapisan tipis yang menutupi organ tubuh manusia. Lapisan ini biasanya disebut mesothelium. Mesothelium ini letaknya berada pada organ dalamParuparu, perut (abdomen), jantung (pericardial) dan testikel (tunica vaginalis) merupakan organ tubuh manusia yang terdapat mesothelium.

Mesothelioma juga memiliki beberapa gejalaSetidaknya ada tiga jenis gejala jika seseorang terserang mesothelioma. Gejala itu diantaranya seperti mesothelioma pericardial yang memberi gejala pada dada. Seseorang yang terserang gejala ini akan merasakan sakit di dada hingga menyebabkan kesulitan bernapas. Kemudian, ada pula mesothelioma tunica vaginalis, yakni pembengkakan pada testikel juga salah satu gejala lainnya.

Menukil Halodoc.com, orang yang terserang mesothelioma, acap kali mengalami sakit pada paruparu, karena memang menyerang pada area tersebut. Nah, Gejala  ini disebut mesothelioma pleural. Gejalanya seperti batuk beserta rasa sakit tak tertahan. Selain itu, nafas orang yang terserang terasa pendek akibat. Ini disebabkan adanya tumpukan cairan di dada. Lalu, bisa juga akan ada benjolan yang tidak wajar di belakang kulit dada orang yang terserang. Selain itu, orang yang terserang penyakit ini akan mengalami turun berat badan.

Penyebab dan Faktor Risiko Mesothelioma

Penyebab pasti mesothelioma belum diketahui secara pasti. Namun faktor risiko utama dari mesothelioma adalah asbestos atau asbes. Penyakit ini tergolong jarang ditemui sebelum penggunaan asbestos secara komersial dimulai. Asbestos adalah mineral yang digunakan sebagai bahan untuk membuat rem, lantai, atap, dan penyekat. Beberapa faktor risiko lainnya yaitu laki-laki, usia >65 tahun serta lingkungan yang terpapar asbestos.

Diagnosis Mesothelioma

Masih dari Halodoc.com, disebutkan bahwa selain dari anamnesis dan gejala, pemeriksaan lanjut yang dilakukan untuk mendiagnosis mesothelioma, antara lain X-ray untuk memeriksa jika ada kelainan di dada dan CT scan untuk memeriksa area dada dan perut. Biopsi menggunakan jarum halus kecil atau dengan laparoskopi maupun torakoskopi juga sangat membantu untuk diagnosis tetap.

Pencegahan Mesothelioma

Sebagai langkah pencegahan untuk menghindari penyakit mesothelioma, yang biasanya rentan menjangkiti pekerja pabrik, disarankan memakai masker saat bekerja dan diganti secara rutin. Selalu melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Penanganan Mesothelioma

Beberapa langkah pengobatan mesothelioma yang umumnya dilakukan seperti kemoterapi dan radioterapi. Pembedahan dilakukan untuk mengangkat kanker yang umumnya masih berada pada tahap awal perkembangan penyakit, walau pada beberapa kasus tetap tidak berhasil mengangkat sel-sel kanker sepenuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.