Ilustrasi kebutaan/sumber ahlinyapenyakitmata.web.id

PROGRES.ID – Selain harus rutin cek gula darah, pasien diabetes juga dianjurkan untuk cek kesehatan mata. Hal ini dikarenakan, penyakit diabetes juga dapat memicu kerusakan pembuluh darah kecil pada retina mata atau retinopati diabetik.

Hal ini diungkapkan dokter spesialis mata Gitalisa Andayani bahwa 35 persen pasien diabetes akan mengalami gangguan penglihatan. Gejala retinopati diabetik ini jika dibiarkan akan berkembang menjadi edema makula diabetik yang akan mengakibatkan kebutaan.

“Begitu didiagnosis diabetes, langsung periksa mata juga,” kata Gita seusai seminar Eyes on diabetes di Jakarta, seperti yang dirilis Kompas.com (14/11/2016).

Ketika melakukan skrining terhadap 4000 pasien diabetes di Jakarta, Gita dan rekan-rekannya menemukan sekitar 900 pasien yang sudah terkena retinopati diabetic.

Menurut Gita, gejala renopati diabetik akan muncul setelah pasien mengidap penyakit diabetes selama 10 tahun bahkan lebih. Dan tidak menutup kemungkinan gejala tersebut dapat menyerang setelah 5 tahun lebih awal.

Sementara itu, dari hasil skrining pasien diabetes yang telah melakukan pengecekan mata, hanya sedikit pasien yang melakukan pengecekan ulang. Menurutnya hanya berkisar 400-an pasien saja.

Selain pentingnya menyadari kesehatan diri sendiri, Gita berharap kedepannya bisa melakukan kerjasama antara dokter yang menangani diabetes untuk merujuk kepada dokter mata. (dsy)

 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.