Pakai Narkoba, Anggota TNI Bisa Dipecat

April 2, 2016
Hukum Kesehatan 0   193 views 0

PROGRES.id, SELUMA – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0425 Seluma, Letkol. Inf. Yoga Prawira Santika menegaskan jika ada anggota TNI yang menggunakan Narkoba, maka akan diproses sesuai hukum yang berlaku, bahkan bisa sampai pada pemecatan secara tidak hormat.

“Saat ini kita sedang lakukan tes urine bagi semua anggota.  Dari 150 anggota yang tersebar di Kodim dan 5 koramil, baru sudah sekitar 100-an anggota yang menjalani pemeriksaan. Sisanya akan dites urine berikutnya, soal waktu juga dadakan,”  terang Yoga.

Ia menambahkan, jika ada anggotanya terbukti menggunakan Narkoba, maka hal yang pertama dilakukan adalah melakukan sidang kode etik, hingga bisa berujung pada sanksi pemecatan secara tidak hormat.

“Memang tak serta merta dipecat, melainkan ada mekanisme khusus, mulai dari sidang kode etik dan selanjutnya. Jika terbukti, bisa saja sampai pemecatan,”  imbuhnya.

Menurut Yoga, setiap anggota TNI wajib menjalani tes urine dan tak boleh ada seorang pun berhalangan tes.

“Tak boleh seorang pun luput dari pemeriksaan ini.  Lebih baik kehilangan satu atau dua prajurit yang nakal dari pada harus membunuh ribuan prajurit lainnya dan mencemarkan nama baik korps, satuan, dan keluarga akibat terjerumus dalam penggunaan barang haram itu,” tegas Yoga.(rid)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.