Home / Kota Bengkulu

Kamis, 18 November 2021 - 21:08 WIB

Lakukan Evaluasi, Serapan Dana Alokasi Khusus Jadi Sorotan

PROGRES.ID,BENGKULU – Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi didampingi oleh Asisten III M Husni, Kepala KPPN Bengkulu Adi Wijaya dan Kepala Bapenda Eddyson melakukan rapat evaluasi mengenai Kebijakan pengelolaan dana alokasi khusus (DAK) fisik dan non fisik tahun 2021 yang berlangsung di ruang Hidayah, Kantor Walikota, Kamis (18/11/2021).

Rapat ini digelar dalam rangka evaluasi penyerapan dana alokasi khusus di lingkup Kota Bengkulu, terkhususnya di Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.

“Kita tadi melakukan rapat evaluasi terhadap serapan dana fisik dan non fisik, alhamdulillah sebenarnya kita sudah merata serapannya. Jadi, kita mengajak seluruh OPD untuk bersama-sama memaksimalkan dana tersebut,” ucap Dedy.

Lanjutnya, seluruh kepala OPD diminta agar tetap fokus, karena sangat di sayangkan sekali jika dana yang sudah ada, tidak terserap dengan baik.

“Kami mohon kepada kepala OPD, mohon konsentrasi karena waktu kita sudah sangat pendek. Kita paham bagaimana kondisi keuangan negara kita saat ini, kita juga terkena imbasnya sehingga terjadi penurunan DAK. Jangan sampai anggaran kita yang sudah menurun efesiensinya ini kemudian tidak terserap,” ungkapnya.

Ia menargetkan agar nantinya seluruh dana dapat terserap secara maksimal.

“Sekali lagi ini bukan salah menyalahkan, ini evaluasi kita bersama, saling belajar, saling asah, asih dan asuh. Ada APIP di inspektorat yang siap membantu. Kita tidak mencari mana yang salah dan mana yang benar. Tapi sama-sama kita dorong, kalau ada yang terhambat mari kita pecah kebuntuan itu, sehingga nanti insya allah semua dana kita bisa tersalurkan 100 persen,” tutup Dedy.

Menurut Kepala Bapenda Eddyson, serapan dana fisik dan non fisik sudah mencapai rata-rata dan ia mengajak seluruh OPD penerima DAK untuk lebih memaksimalkannya.

“Hari ini kita sudah menggelar evaluasi, tentang bagaimana penyerapan dana. Memang ada beberapa OPD yang tingkat penyerapannya sudah cukup, ada juga yang masih kecil. Nah inilah nanti yang kita akan tingkatkan, jangan sampai Pemerintah sudah mengalokasi dana, tapi tidak terserap. Makanya hari ini akan kita awasi dimana letak sumbatan-sumbatan itu,” ujar Edison. (Rilis/Media Center Kota Bengkulu).

Share :

Baca Juga

wawali dedy

Kota Bengkulu

TPP ASN di Kelurahan Akan Dinaikkan
Helmi hasan

Kota Bengkulu

Ingin Tingkatkan PAD Sektor Pariwisata, Walikota Belajar ke Kabupaten Gianyar
Walikota Bengkulu saat memberikan penjelasan(foto;media center kota bengkulu/progres.id)

Kota Bengkulu

Walikota Perjuangkan Honor RT Naik Tapi Tidak Semuanya. Ini Klasifikasinya
noprisman

Kota Bengkulu

Pemkot Bengkulu Lakukan Pemeliharaan Drainase dan Buat Kolam Retensi
helmi hasan

Kota Bengkulu

Kebahagiaan Masyarakat Jadi Fokus Helmi Hasan di Tengah Pandemi
tim penilai sekolah sehat

Kota Bengkulu

SDN 7 dan SMPN 11 Didorong Raih Penghargaan Adiwiyata Mandiri Dari KLHK
Gubernur Rohidin meninjau RSUD

Berita Utama

Meninggal Dunia, Gubernur Umumkan Seorang PDP di Bengkulu Dinyatakan Positif Covid-19
Surat teguran

Berita Utama

Lantik 8 Pejabat Tanpa Restu Mendagri, Walikota Bengkulu Diminta Batalkan Keputusan