Mengenal MBTI: Tes Kepribadian yang Populer untuk Berkencan di Korea Selatan

Tipe MBTI (istimewa)

PROGRES.ID – Saat ini, terjadi peningkatan popularitas yang signifikan dalam penggunaan MBTI di kalangan anak muda Korea Selatan.

Mereka menggunakan tipe MBTI sebagai panduan dalam berbagai aspek kehidupan mereka, terutama dalam konteks hubungan percintaan.

Bacaan Lainnya

Alih-alih membuang waktu dengan metode pencarian pasangan yang lebih konvensional, beberapa generasi muda memilih untuk mengadopsi MBTI sebagai alat bantu dan mengabaikan individu dengan tipe kepribadian yang dianggap tidak sejalan dengan mereka.

Tes MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator adalah salah satu tes yang dirancang untuk mengetahui gambaran umum kepribadian, kekuatan, dan preferensi seseorang.

Tes MBTI didasarkan pada teori kepribadian Carl Jung dan dikembangkan pada tahun 1940-an oleh psikolog Isabel Myers dan ibunya, Katherine Briggs. Penggunaan tes kepribadian ini mulai meningkat pada 1990-an sebagai alat bantu konseling karier di perguruan tinggi dan tempat kerja.

Dilansir dari Alodokter, berikut 16 tipe kepribadian MBTI.

1. ISTJ (Introverted, Sensing, Thinking, Judging)

Individu dengan tipe kepribadian ISTJ cenderung memiliki sifat pendiam dan serius. Mereka dikenal sebagai orang yang sangat gigih, bertanggung jawab, dan dapat diandalkan. Orang-orang dengan tipe kepribadian ISTJ sering mendambakan ketertiban dan keteraturan dalam berbagai aspek kehidupan mereka. Karenanya, mereka sering disebut sebagai ‘Si Perencana yang terorganisir’.

2. ISTP (Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving)

Orang dengan tipe kepribadian ISTP cenderung sangat realistis, logis, dan spontan, serta selalu berfokus pada saat sekarang. Mereka memiliki kemampuan yang baik dalam memecahkan masalah dan menghadapi situasi krisis dengan baik. Karena karakteristik ini, ISTP sering dikenal sebagai ‘Si Mekanik’ atau ‘Si Pengrajin’.

3. ISFJ (Introverted, Sensing, Feeling, Judging)

ISFJ adalah salah satu tipe kepribadian yang sangat umum. Individu dengan tipe ini sering diakui sebagai individu yang penuh perhatian, hangat, dan memancarkan aura positif yang membawa ketenangan bagi orang-orang di sekitar mereka. Oleh karena itu, ISFJ sering disebut sebagai ‘Si Pelindung’.

4. ISFP (Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving)

Pribadi ISFP biasanya adalah orang yang bisa membuat orang lain nyaman, memiliki kepedulian yang tinggi terhadap orang lain, penuh semangat, dan kreatif. Individu ISFP umumnya juga sangat berbakat dalam dunia seni. Oleh sebab itulah, ia dijuluki sebagai ‘Si Seniman’ di antara kepribadian lainnya.

5. INFJ (Introverted, Intuitive, Feeling, Judging)

INFJ, atau yang sering disebut ‘Sang Penasihat’, adalah salah satu tipe kepribadian yang sangat langka. Mereka cenderung bersifat sangat suportif, peka terhadap perasaan orang lain, dan selalu siap membantu. Selain itu, mereka terkenal dengan idealisme mereka dalam upaya menjadikan dunia tempat yang lebih baik bagi semua orang.

6. INFP (Introverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)

Orang dengan tipe kepribadian INFP cenderung idealis, perfeksionis, dan memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi. Ketika konflik muncul, pribadi INFP sering menjadi mediator yang sangat baik untuk menengahi masalah tersebut. Oleh sebab itu, INFP sering dijuluki sebagai ‘Si Mediator’.

7. INTJ (Introverted, Intuitive, Thinking, Judging)

INTJ adalah individu yang kreatif dan analitis. Mereka sangat terampil dalam perencanaan dan strategi. Selain itu, INTJ juga memiliki kemampuan untuk menciptakan solusi inovatif untuk berbagai masalah. Oleh karena itu, INTJ sering disebut sebagai ‘Si Ahli Strategi’.

8. INTP (Introverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)

Orang dengan tipe kepribadian INTP sering dijuluki ‘Si Pemikir Logis’ karena mereka memiliki pemikiran yang logis, analitis, dan wawasan yang luas. Meskipun demikian, INTP tidak terlalu suka aturan dan lebih memilih memiliki beragam pilihan.

9. ESTP (Extroverted, Sensing, Thinking, Perceiving)

Individu ESTP biasanya sangat ramah, antusias, dan pandai berteman. Ia biasanya juga sangat pandai memengaruhi orang lain, serta memiliki kemampuan untuk berpikir dan bertindak cepat dalam situasi yang darurat. Oleh sebab itu, pribadi ESTP kerap dijuluk sebagai ‘Si Pembujuk’.

10. ESTJ (Extroverted, Sensing, Thinking, Judging)

Kepribadian ESTJ dijuluki sebagai ‘Si Pengarah yang tegas’ karena ia paling terkenal dengan kemampuannya dalam berorganisasi dan memimpin. Kemampuan mengarahkannya ini didapatkan dari karakteristiknya yang tegas, teliti, disiplin, taat aturan, dan bertanggung jawab.

11. ESFP (Extroverted, Sensing, Feeling, Perceiving)

Orang dengan kepribadian ESFP mungkin bisa disebut sebagai kepribadian yang paling extrovert. Pasalnya, ia sangat senang menghabiskan waktunya dengan orang lain dan suka menjadi pusat perhatian. Tak heran, pribadi ESFP dijuluki sebagai ‘Si Penghibur’.

12. ESFJ (Extroverted, Sensing, Feeling, Judging)

Pribadi ESFJ biasanya cenderung berhati lembut, setia, ramah, dan terorganisir. Ia sangat suka membantu orang lain, terutama orang-orang di sekitarnya. Nah, inilah alasan mengapa pribadi ESFJ disebut sebagai ‘Sang Pengasuh’.

13. ENFP (Extroverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)

ENFP dijuluki sebagai ‘Si Motivator’ di antara tipe kepribadian lainnya. Ini karena orang dengan tipe kepribadian ENFP sangat senang menumpulkan berbagai ide positif untuk membantu orang lain dan mampu mengalirkan energi positif tersebut pada orang-orang di sekitarnya.

14. ENFJ (Extroverted, Intuitive, Feeling, Judging)

Pribadi ENFJ terkenal akan kemampuannya untuk menjalin persahabatan dengan hampir setiap kepribadian lainnya, bahkan dengan pribadi yang sangat tertutup. Biasanya, individu ENFJ juga memiliki empati yang tinggi, sehingga ia sangat senang membantu orang lain untuk mencapai tujuan mereka. Berkat karakteristiknya ini, pribadi ENFJ dijuluki sebagai ‘Si Protagonis’.

15. ENTP (Extroverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)

Orang dengan kepribadian ENTP biasa dikenal sebagai pribadi yang logis, cerdas, kreatif, dan paling suka berargumen. Berkat sifat-sifatnya tersebut, pribadi ENTP mendapat julukan ‘Si Pendebat’.

16. ENTJ (Extroverted, Intuitive, Thinking, Judging)

Orang yang memiliki kepribadian ENTJ biasanya adalah sosok extrovert yang tegas, percaya diri, dan blak-blakan. Umumnya, pribadi ini juga sangat visioner, yang artinya ia lebih fokus memikirkan masa depan daripada masa kini. Itulah mengapa pribadi ini kerap dijuluki sebagai ‘Sang Komandan’.

Kamu bisa mengetahui apa tipe MBTImu dengan melakukan tes online melalui link https://www.16personalities.com/free-personality-test atau kamu bisa melakukan tes MBTI langsung dengan ahlinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.