Soal Air Laut di Sekitar PLTU, DKP Kota Bengkulu Keluarkan Hasil Laboratorium, Ini Hasilnya

Desember 16, 2019
Humaniora Lingkungan 0   125 views 0
PLTU Teluk Sepang

PT Tenaga Listrik Bengkulu (Foto: Hendry Dunan/PROGRES.ID)

BENGKULU, PROGRES.ID – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bengkulu menyebutkan bahwa air baku dari PLTU Bengkulu telah memenuhi standar dan tidak mencemari air laut. Hasil ini telah berdasarkan penelitian laboratorium yang dilakukan DKP.

“Sampai saat ini, hasil baku air tidak menyebabkan pencemaran dan masih aman untuk biota laut. Jika ada pihak–pihak yang merasa belum puas dengan hasil laboratorium itu, maka bisa melakukan pengambilan sampel air untuk melakukan pengecekan di laboratorium yang lain,” tantang Kepala DKP Kota Bengkulu, Syahfriandi.

Sebelumnya, DPRD Kota Bengkulu juga tidak menemukan indikasi pencemaran air laut dari pembuangan air bahang PLTU Bengkulu.

“Secara kasat mata kita lihat tidak terjadi pencemaran. Buktinya masih ada biota laut yang hidup seperti ikan-ikan yang hidup di pintu pembuangan PLTU ini,” ucap Wakil Ketua I DPRD Kota Bengkulu, Marliadi saat melakukan peninjauan di lokasi pembuangan air bahang PLTU Bengkulu beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, PLTU Bengkulu memiliki kapasitas pembangkit 2×100 Mw. Untuk dapat menghasilkan energi listrik, PLTU ini menggunakan bahan bakar batubara. Kini, PLTU ini masih menjalankan uji coba dan penilaian kelaikan.

Manajemen PLTU Bengkulu mengatakan akan merekrut tenaga yang berasal dari lulusan perguruan tinggi yang ada di Provinsi Bengkulu pada kuartal I tahun 2020 sebagai tenaga ahli.

Manager PT Tenaga Listrik Bengkulu (TLB), Abubakar menuturkan, salah satu misi PLTU adalah menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

“Kami sebagai perusahaan PLTU yang pertama di Bengkulu akan menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat. PLTU ini juga diharapkan dapat mencukupi kebutuhan listrik rumah tangga yang terus meningkat seiring
pertumbuhan penduduk serta mampu memasok listrik ke wilayah terluar,” jelas Abubakar.

Gandeng Universitas Bengkulu

Manajemen PLTU Bengkulu juga telah melakukan kerjasama dengan Universitas Bengkulu (Unib) untuk merekrut lulusan terbaik untuk bekerja di PLTU tersebut.

“Kami bekerjasama dengan Unib untuk merekrut lulusan terbaiknya menjadi karyawan kami. Ini adalah bentuk penghargaan kami untuk masyarakat Bengkulu. jadi salah satu tujuan kita adalah dari Bengkulu dan untuk Bengkulu,” ungkapnya.

Salah seorang alumni Unib yang direkrut oleh PT TLB, Rian mengatakan ilmunya selama menempuh kuliah dapat diterapkan di PLTU Bengkulu.

“Kebetulan di sini pekerjaan yang saya lakukan sesuai dengan jurusan elektro, jurusan dimana saya ambil waktu kuliah. Teknologi yang digunakan PLTU Bengkulu adalah teknologi terkini. Saya bersyukur bisa mempelajarinya dan berharap bisa mengembangkan diri saya pada bidang ini untuk Bengkulu,” kata Rian.

Terpisah, warga RW 01 Kelurahan Teluk Sepang Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu , Achiran mengatakan, sejak PLTU Bengkulu berdiri, warga Teluk Sepang banyak terbantu.

“Sejak keberadaanya di tahun 2016, banyak warga yang terbantu mata pencahariannya dari bekerja di PLTU. Kedepannya kami berharap PLTU dapat menarik investor ke Teluk Sepang.(hdn)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.