Kemenag Terbitkan 98.972 SK Inpassing bagi Guru Madrasah Bukan ASN, Cek SK di Situs Ini

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Dok. Kemenag RI)

PROGRES.ID – Kementerian Agama (Kemenag) telah merilis Surat Keputusan (SK) penyetaraan jabatan fungsional bagi guru madrasah bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), yang sering disebut sebagai inpassing. Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, menjelaskan bahwa program penyetaraan ini bertujuan untuk memberikan kesetaraan golongan kepada guru madrasah bukan ASN, mirip dengan golongan yang dimiliki oleh guru ASN.

“Kami telah menerbitkan 98.972 SK inpassing bagi guru madrasah bukan ASN,” tegas Menag saat berkunjung ke Jombang pada Sabtu (23/9/2023) dikutip dari Kemenag.go.id.

Bacaan Lainnya

Penyetaraan jabatan dan pangkat (inpassing) ini merupakan pengakuan terhadap kualifikasi akademik, masa kerja, dan sertifikat pendidik guru madrasah bukan ASN. Ini dihitung menggunakan angka kredit, jabatan, dan pangkat yang setara dengan guru ASN. Terbitnya SK penyetaraan ini merupakan wujud perhatian Presiden Joko Widodo terhadap guru bukan ASN.

“Ini adalah pengakuan atas kinerja dan dedikasi guru. Kebijakan ini adalah salah satu bentuk perhatian Presiden Joko Widodo terhadap guru madrasah bukan ASN. Guru-guru yang mendapatkan penyetaraan golongan akan menerima tunjangan sesuai dengan gaji pokok berdasarkan golongan yang setara,” kata Menag Yaqut.

Di sisi lain, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, M. Ali Ramdhani, memberikan apresiasi atas kerja sama semua pihak dalam proses penerbitan SK inpassing guru madrasah bukan ASN. Menurutnya, kerja sama ini telah berhasil mempercepat implementasi program inpassing guru madrasah bukan ASN tahun ini.

“Selamat kepada para guru madrasah yang telah menerima SK inpassing. Ini adalah bentuk pengakuan dan perhatian pemerintah terhadap guru madrasah di Indonesia,” ujar Ramdhani.

“Proses penerbitan SK inpassing dari awal hingga akhir tidak memerlukan biaya apa pun, semuanya gratis!” tambahnya.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Muhammad Zain, menambahkan bahwa penerbitan SK Inpassing adalah salah satu program prioritas GTK untuk meningkatkan kesejahteraan guru. Untuk tahun 2023, program ini ditujukan khusus bagi guru madrasah yang telah memiliki sertifikat pendidik.

“Guru madrasah yang belum memiliki sertifikat pendidik belum mendapatkan penyetaraan jabatan fungsional,” jelas Zain.

Cek SK Inpassing di Situs Ini

Zain juga menginformasikan bahwa SK Inpassing yang sudah ditandatangani secara digital dapat diakses melalui situs simpatika.kemenag.go.id. Oleh karena itu, dia mengimbau para guru untuk memantau notifikasi di akun SIMPATIKA masing-masing.

“Kami mengajak para guru madrasah untuk memeriksa akun SIMPATIKA mereka di simpatika.kemenag.go.id. Begitu SK tersedia, silakan untuk mengunduhnya,” ungkapnya.

“Selamat dan teruskan usaha dalam memberikan pendidikan yang bermutu kepada generasi penerus bangsa,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.