Pilkades Serentak 2016, Pemkab Susun Perbup

April 10, 2016
Hukum 0   175 views 0

PROGRES.id, REJANG LEBONG – Pemkab Rejang Lebong sedang mempersiapkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pilkades. Perbup ini disusun untuk mendukung Perda Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemerintahan Desa serta Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Baca: Calon Kades Wajib Bebas Narkoba

“Untuk mendukung pelaksanaan Pilkades Serentak 2016 ini, kita memperlukan payung hukum untuk mengatur teknis tahapan Pilkades. Akan ada 34 tahapan Pilkades serentak yang harus dilaksanakan dalam 170 hari mulai dari tingkat Pemerintah Daerah hingga tingkat desa,” ungkap Asisten Bidang Pemerintahan Pemkab Rejang Lebong, Edy Prawisnu.

Mundur Denda Rp 25 Juta

Perbup ini, lanjutnya, juga mengatur jadwal pelaksanaan pemungutan suara, pembentukan panitia, jumlah peserta, hingga denda Rp 25 Juta bagi calon yang sudah dinyatakan lolos seleksi namun mengundurkan diri.

“Perbup ini akan mengatuk banyak hal teknis, mulai dari pembentukan panitia hingga denda bagi calon kades yang mengundurkan diri setelah ditetapkan,” jelas dia.

Ia mengungkapkan juga, Pilkades serentak 2016 ini akan digelar oleh 64 desa tdi 13 kecamatan.

“Dari 15 kecamatan di Rejang Lebong, akan ada 64 desa di 13 kecamatan yang akan ikut Pilkades serentak tahap pertama ini,” jelasnya.

Pilkades serentak 2016 diproyeksikan tuntas dalam satu hari, mulai pemungutan suara hingga penghitungan suara.

“Penetapan kepala desa terpilih akan dilakukan tujuh hari setelah pencoblosan suara, itu sudah termasuk masa sanggahan dan penyelesaian sengketa sebelum dilantik bupati,” jelasnya.

Ia menjelaskan juga, Perbup Tentang Pilkades disusun oleh Bagian Hukum dan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Rejang Lebong.

“Perbup ini sudah disusun sejak beberapa bulan lalu, tinggal lagi bupati menandatangani dan SKPD terkait segera melakukan sosialisasi ke setiap desa,” demikian Edy.(dam)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.