presiden joko widodo
Presiden Joko Widodo | Foto: Istimewa/PROGRES.ID

PROGRES.ID, JAKARTA- Presdien Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan memberikan jutaan hektare lahan kepada rakyat melalui pelaku adat dan koperasi-koperasi di seluruh Tanah Air, melalui program redistribusi aset dan “land reform”.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Selasa.

“Sekarang ini kita kantongi 12,7 juta hektare yang akan segera kita bagikan kepada rakyat, yang akan kita bagikan pada tanah adat, yang akan segera kita bagikan pada koperasi-koperasi yang ada di Tanah Air,” kata Presiden Selasa, (10/1/2017).

Seperti yang dilansir Antara, presiden mengatakan redistribusi aset dan “land reform” menjadi perhatian khusus dalam pemerintahannya. Oleh karena itu, sejak akhir tahun lalu pembagian lahan sebagai upaya redistribusi aset sudah mulai dilakukan.

“Sudah kita mulai pada Desember (2016), sebulan yang lalu untuk pembagian lahan pada tanah adat meskipun baru kita bagi pada 13 tanah adat tapi tahun ini Insya Allah akan bertambah banyak,” katanya.

Baca: Siapkan 9 Juta Ha Lahan, Jokowi Stop Impor Bahan Pangan

Sebelumnya, untuk meningkatkan produksi pangan nasional, Jokowi rencanya akan membagikan lahan seluas 9 juta hektar kepada rakyat.

Jokowi menjelaskan, pengumpulan lahan lahan tersebut membutuhkan waktu satu setengah tahun. Namun, hingga saat ini pemerintah belum bisa membagikan lahan tersebut karena belum menemukan skema yang tepat. (dsy)

 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.