Dihantam Ombak Besar, KM Karamando Tenggelam dan Tewaskan Empat Penumpang

Desember 29, 2016
Nasional Peristiwa 0   185 views 0

PROGRES.ID, TERNATE- KM Karamando yang berlayar dari Pelabuhan Dufa-Dufa Ternate menuju Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut), Kamis, tenggelam di perairan depan Desa Tauro, Jailolo Selatan, mengakibatkan empat penumpangnya tewas.

Seperti yang dilansir oleh Kantor Berita Online Antara, Empat penumpang yang dinyatakan tewas di antaranya Rizal Rikumahu (54), Syaika (8), Monika Tude (60) dan Yuyuk (30).

Kepala Pos Pelabuhan Dufa-Dufa Ternate mengatakan, kapal naas tersebut sesuai daftar manifes membawa 60 penumpang, terdiri dari 50 orang dewasa dan 10 anak, serta empat ABK (anak buah kapal).

Namun, dalam perjalanan kapal itu mengalami kebocoran lambung akibat dihantam ombak besar yang mencapai 4-5 meter, kemudian tenggelam sekitar pukul 08.30 WIT.

Saat ini, jenazah korban tewas telah dievakuasi ke RSUD Jailolo untuk diidentifikasi, begitu pula korban selamat.

Sementara itu, pihak Basarnas dan Polisi Perairan Polda Maluku Utara masih terus melakukan pencarian, karena diduga masih terdapat korban lain yang tak tercatat dalam manifes penumpang. Kepala Basarnas Ternate Mustari mengatakan, jumlah penumpang dan ABK sebanyak 74 orang dan jumlah itu berbeda dengan jumlah data yang terdaftar di menifes. Karena data menifes sebanyak 50, sedangkan data dari BPBD Halmahera Barat 74 orang.

“Baru empat korban tewas berhasil ditemukan dan penumpang yang sudah berhasil dievakuasi saat ini baru 70 orang, sisanya masih dalam pencarian tim di lapangan,” kata Mustari. (dsy)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.