Foto: citylink.co

PROGRES.ID, JAKARTA- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mencabut lisensi terbang mantan pilot Citilink, Kapten Tekad Purna, yang diduga mabuk secara permanen.

“Kami sampaikan, kita sudah tetapkan lisensi Saudara Tekad kita nyatakan dicabut, karena terdapat bukti yang cukup melakukan bukti (pelanggaran) tersebut,” kata Budi di kantor Otoritas Bandara Wilayah 1, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, dikutip dari Detik Rabu, (4/1/2017).

Pencabutan izin terbang Tekad tersebut dilakukan karena hasil tes Balai Kesehatan Penerbangan Kemenhub menyatakan kondisi Kapten Tekad tidak stabil secara kesehatan jiwa dan fisik. Terbukti dari tes yang dilakukan dengan menggunakan tes wawancara serta uji laboratorium Tekad dinyatakan un-fit.

Saat ini Tekad masih dalam pemeriksaan Badan Narkotika Nasional (BNN). Deputi BNN mengatakan pihaknya telah mengambil sampel untuk uji lab kandungan zat adiktif pada Tekad.

“Memang tadi kami sudah mulai melakukan pemeriksaan awal terhadap seorang oknum pilot maskapai nasional atas nama TP. Dalam hal ini kami akan melakukan uji laboratorium. Kami melakukan terhadap sampel urine, darah, dan rambut,” kata Deputi BNN Irjen Arman. (dsy)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.